Kanwil Kemenag Aceh Gelar Pospeda VIII 2019

oleh -1.232 views
IMG 20191029 181447
Peserta asal Kabupaten Aceh Barat sedang tampil pada perlombaan Pidato Bahasa Indonesia di Komplek Pondok Pesantren Nurul Falah Meulaboh, Selasa 29 Oktober 2019. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menggelar Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) VIII tahun 2019 Zona 3 di Komplek Pondok Pesantren Nurul Falah Meulaboh.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Pondok Pesantren, Djulaidi, Selasa 29 Oktober 2019.

Loading...

Djulaidi mengatakan, penyelenggaraan Pospeda Aceh dibagi menjadi 4 Zona meliputi 16 Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi Aceh. Pada penyelenggaraan tersebut, Kabupaten Aceh Barat menjadi tuan rumah untuk Zona 3 yang meliputi 5 Kabupaten/Kota, yaitu Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Barat, dan Aceh Barat Daya.

Ia menjelaskan, sistem penilaian kegiatan tersebut dilakukan dengan memvideokan peserta yang tampil dan kemudian dikirimkan kepada panitia provinsi untuk dilakukan penilaian.

“Bagi peserta nilai terbaik, akan diikutsertakan pada ajang Pospenas,” ungkapnya.

Sementara itu, Panitia Kabupaten Aceh Barat, Yusni Hendri mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan hingga Rabu 30 Oktober 2019. Peserta Pospeda Zona 3 sebanyak 66 peserta, terdiri dari 4 perwakilan Aceh Barat Daya, 28 Aceh Barat, 5 Sabang, 6 Banda Aceh, dan 24 perwakilan Aceh Besar untuk mengikuti dua cabang perlombaan, yaitu cabang seni dan cabang olahraga.

Adapun cabang seni meliputi, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Seni Lukis Islam, Kaligrafi Islam, Cipta dan Baca Puisi, dan Seni Kriya. Sedangkan cabang olahraga terdiri dari, Silat, Futsal, dan Volly Ball.

Selain itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar mengatakan, pelaksanaan Pekan dan Seni Antar Pesantren tersebut sangat bermanfaat untuk para santri dalam mengembangkan kemampuan dan menggali potensi diri, serta menjadi ajang silaturahmi antar santri.

Ia berpesan kepada para santri untuk tampil lebih semangat dan maksimal untuk mendapatkan tiket menuju Pospenas 2019, serta mampu membawa kejuaraan untuk Provinsi Aceh nantinya.[]

 

WARTAWAN : RAHMAT TRISNAMAL

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *