HISSI Harus Jadi Wadah Literasi

oleh -48 views
HISSI Harus Jadi Wadah Literasi
Sekretaris Umum HISSI Yusra Jamali (duduk tiga dari kiri) bersama Pengurus HISSI Aceh Barat, Ahad, 27 November 2022. (BASAJAN.NET/HISSI ACEH BARAT).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI), diharapkan banyak menghasilkan karya tulis yang dapat memperkaya literatur keilmuan.

Demikian disampaikan Sekretaris Umum HISSI Yusra Jamali, pada pelantikan dan seminar Pengurus HISSI Kabupaten Aceh Barat, masa bakti 2022-2026, di Komplek Dayah Darul Muta’alimin, Ahad, 27 November 2022.

Sesuai tema kegiatan tentang Peran HISSI dalam penguatan Syariat Islam di Aceh, Yusra Jamali mengungkapkan kegelisahannya.

Menurutnya, secara kalkulasi, banyak yang tidak tertarik dengan syariat Islam di Aceh. Hal itu ia ibaratkan seperti cek kosong, suka meminta tapi tidak suka dilakukan.

“Tahun 1999 silam kita meminta syariat Islam, namun kenyataannya sekarang demikian,” ujarnya.

Yusra mengatakan, permasalahan seperti itu bisa menjadi ruang bagi pengurus HISSI sebagai ilmuan, untuk menulisnya.

Ia menyarankan, HISSI harus menulis banyak tentang berbagai hal, seperti pentingnya salat berjamaah, manajemen masjid, kebersihan, menghargai hewan, dan lainnya.

“Banyak sekali yang bisa ditulis, tetapi sayang sedikit sekali yang menulisnya,” ucapnya.

Yusra berharap, HISSI dapat memberikan kesejukan, pencerahan, dan bermanfaat dengan menghidupkan kajian-kajian ilmiah.

Dukung Penegakan Syariat Islam di Aceh

HISSI sendiri merupakan organisasi berazaskan Islam dan Pancasila serta bersifat Independen, mandiri dan mengedepankan kegiatan keilmuan, sosial, keagamaan, sosial keumatan dan sosial kemasyarakatan.

Memiliki visi mewujudkan tata kehidupan masyarakat Indonesia yang memahami, menghayati dan mengamalkan syariat Islam.

Ketua Dewan Pakar MPD-HISSI Aceh Barat, Anton Jamal menyampaikan, HISSI diharapkan menjadi wadah memperdalam ilmu dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan syariah, sehingga nanti bisa menjadikan rujukan pemerintah Aceh Barat dalam kebijakan dan masyarakat kehidupan bersosial.

Sementara tu, Ketua HISSI Aceh Barat, Arroyan Ramly berharap, dengan hadirnya HISSI, dapat mendukung penegakan syariat Islam secara Kaffah dan menjembatani isu-isu sosial keagamaan antara stakeholder dan masyarakat.

Adapun susunan Pengurus HISSI Kabupaten Aceh Barat terdiri dari Pembina yaitu Syamsuar, Adi Kasman, Amrizal Hamsa. Tiga Dewan Pakar yaitu Anton Jamal, Edwar Ibrahim, Kamil Syarifuddin, dan 35 Dewan Pengurus, Ketua Arroyan Ramly, Sekretaris Sumardi Efendi, Bendahara Aini Safitri, Pelantikan dilaksanakan oleh T. Muhammad Nurdin, Wakil Ketua MPD-HISSI Aceh.

Turut hadir dalam pelantikan, Pimpinan Dayah Darul Muta’alimin, Perwakilan Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Perwakilan STAI Darul Hikmah Aceh Barat, Ketua PD Al Jam’iyatul Washliyah Aceh Barat, Perwakilan Media dan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Aceh Barat. []

============================

PENULIS: MELYYAN

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.