Kacabdin Sabang Ajak STAIN Meulaboh Kembangkan English Day

oleh -310 views
Dinas Pendidikan Ajak STAIN Meulaboh Kembangkan English Day in Sabang
Rombongan dosen STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh di Kantor Dinas Pendidikan Kota Sabang, Selasa, 16 Maret 2021. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA).

BASAJAN.NET, Sabang- Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Sabang mengajak Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, untuk bersama-sama mengembangkan program English Day in Sabang di daerah itu.

Ajakan tersebut disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Wilayah Kota Sabang, Abdul Hamid saat menerima kunjungan dosen STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, di ruang kerjanya, Selasa, 16 Maret 2021.

Loading...

Hamid mengaku senang atas kunjungan tersebut. Ia berharap, kehadiran dosen STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh di Kota Sabang, dapat membantu sekolah dalam memicu kualitas berbahasa Inggris siswa dan guru di kawasan wisata itu.

Hamid berpesan, STAIN Teungku Dirundeng untuk terus melakukan penelitian-penelitian sebagai dasar perbaikan mutu pendidikan Kota Sabang. 

“Kalau memungkinkan, mari kita bekerjasama untuk program English Day in Sabang,” ajaknya. 

Pria yang sebelumnya pernah menjadi dosen di Jabal Ghafur, Pidie itu, sangat concern dengan pendidikan dan pernah menggagas untuk menjadikan sabang sebagai “Kota Inggris.” 

“Namun karena ada satu dan lain hal, agenda tersebut belum bisa terwujud,” kata Hamid.

Hamid menambahkan, program tersebut akan terealisasi dengan kerjasama antara pemerintah dan perguruan tinggi.

Ia berharap, STAIN Teungku Dirundeng terus berkiprah untuk memajukan pendidikan Aceh, diantaranya melalui kuliah pengabdian kepada masyarakat (KPM) mahasiswa Prodi Bahasa Inggris ke Sabang.

Pada saat KPM nantinya, lanjut Hamid, kegiatan bisa difokuskan pada pengembangan bahasa Inggris anak-anak di luar jam sekolah. 

Selain itu, bisa juga kegiatan lain, seperti knowledge exchange dimana guru bisa belajar kembali di kampus dengan cara ‘sit in‘ mengikuti perkuliahan pada mata kuliah tertentu untuk mengembangkan profesionalismenya. 

“Atau mengajar mata kuliah tertentu yang sudah menjadi keahliannya, seperti perencanaan pendidikan atau micro teaching,” papar Hamid.

Sementara itu, ketua tim dosen STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Tuti Hidayati mengatakan, kunjungan kerja tersebut dalam rangka penelitian tentang kontribusi kemampuan bahasa Inggris siswa daerah wisata. 

“Kami hadir ke kota ini, ingin mencari tahu tingkat partisipasi siswa terhadap  kemampuan berbahasa Inggris di wilayah wisata,” ungkap Tuti, didampingi Sari Diana dan Faizatul Husna.

Tuti menyampaikan terima kasih atas sambutan dan dukungan Dinas Pendidikan Kota Sabang, dalam meningkatkan kualitas bahasa Inggris di daerah itu.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *