Aceh Barat Tetapkan Takaran Zakat Fitrah 2,8 Kilogram Beras

oleh -398 views
IMG 20200505 220104
ILUSTRASI: PIXABAY

BASAJAN.NET, Meulaboh- Tim Penentuan Zakat Fitrah Kabupaten Aceh Barat menetapkan standarisasi takaran zakat fitrah tahun 1441 Hijriyah/2020 Masehi. Setiap jiwa harus mengeluarkan zakat fitrah sebanyak 2,8 kilogram beras.

Penetapan dilakukan pada rapat penentuan zakat dan fitrah di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Selasa, 5 Mei 2020, dengan tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan dan keselamatan.

Loading...

Ketua Tim Penentuan Zakat Fitrah Kabupaten Aceh Barat, Irwadi menyatakan, penetapan takaran zakat fitrah tersebut merupakan hasil koordinasi antara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat dengan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) setempat, serta lembaga terkait lainnya.

Irwadi mengatakan, ada dua ketentuan takaran zakat fitrah yang ditetapkan, yaitu 2,8 kilogram per jiwa untuk yang membayar dengan beras atau setara 3,8 kilogram per jiwa untuk yang membayar dengan uang.

Berdasarkan observasi yang dilakukan Tim Penentuan Zakat Fitrah dari beberapa pedagang di Kabupaten Aceh Barat, bagi yang ingin menunaikan zakat fitrah menggunakan uang, terdapat tiga tingkatan. Untuk tingkat pertama, sebesar Rp54.000,- per jiwa, bagi yang mengkonsumsi beras merek Piring Nasi, Kura-kura, PTN dan sejenisnya.

Tingkatan kedua, sebesar Rp45.000,- per jiwa, bagi yang mengkonsumsi beras merek Mawar Super, Top 1, TD dan sejenisnya. Sedangkan tingkatan ketiga, sebesar Rp35.000,- per jiwa, yang mengkonsumsi beras merek Mawar Barsela, Walet, Dolog dan sejenisnya.

Adapun tim penentuan zakat fitrah terdiri dari beberapa unsur, yaitu pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Barat, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Barat, Mahkamah Syar’iyah Meulaboh, Dinas Syariat Islam, Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Aceh Barat, pihak organisasi Muhammadiyah, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) dan Al-Wasliyah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar berpesan, bagi seluruh masyarakat Aceh Barat agar tetap menjalankan protokol kesehatan dan keselamatan pada saat menunaikan zakat fitrah, di tengah kondisi Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Semoga amal dan ibadah yang kita jalankan di bulan ramadan ini diterima oleh Allah SWT, dan semoga kondisi Covid-19 ini akan segera kondusif,” harapnya.[]

 

 

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *