UIN Ar-Raniry Siap Bantu Penuh Konversi STAIN Meulaboh

oleh -475 views
Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah bersama Rektor UIN Ar-Raniry Warul Walidin saat penandatanganan kerjasama untuk mendukung proses konversi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh menjadi IAIN, Kamis, 11 Februari 2021. (BASAJAN.NET/MULIADI).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, siap memberikan dukungan penuh dalam proses konversi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Penegasan tersebut disampaikan, Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin AK, usai penandatanganan kerjasama di laboratorium micro teaching STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Kamis, 11 Februari 2021.

“Jika diperlukan tambahan tenaga dosen, kami siap memberikan rekom,” kata Warul.

Warul menyampaikan, pihaknya siap memberikan dukungan penuh untuk konversi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, demi kemajuan pendidikan di Aceh.

Ia mengungkapkan, sejak dulu, UIN Ar-Raniry telah memberikan kontribusi nyata dalam memajukan pendidikan di Aceh, terutama di Barat Selatan Aceh.

Kemajuan lembaga pendidikan, lanjut Warul, sangat ditentukan oleh sinergitas seluruh unsur yang ada di kampus. Mulai dari dosen, tendik, hingga mahasiswa.

“Jangan banyak mengeluh, kurangi komplain. Berkolaborasi untuk satu tujuan bersama dalam memajukan lembaga,” tekannya.

Warul mengatakan, konversi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh nantinya juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas. Terutama dari segi publikasi hasil penelitian untuk pengembangan keilmuan.

“Terus dorong para dosen untuk melanjutkan pendidikan. Selain itu, perkaya juga penguasaan bahasa,” pesannya.

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah menyampaikan, untuk mendukung percepatan konversi kampus tersebut menjadi IAIN, diperlukan penguatan kemitraan dengan berbagai pihak. 

Inayatillah mengatakan, hal utama yang dibutuhkan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh saat ini untuk mempercepat konversi menjadi IAIN adalah pemenuhan sumber daya manusia dosen.

“Untuk itu, kami sangat berharap dukungan dari semua pihak, terlebih UIN Ar-Raniry selaku ‘orang tua’ kami,” ujar Inayatillah.

Saat ini, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh telah memiliki tenaga pendidik dengan kualifikasi pendidikan Magister 89 orang dan enam Doktor.

Namun sesuai Peraturan Menteri Agama Nomor 20 tahun 2020, syarat untuk konversi STAIN ke IAIN setidak-setidaknya harus memiliki 12 Doktor dan enam Lektor Kepala.

Selain dengan UIN Ar-Raniry, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh juga menandatangani kerjasama dengan Universitas Teuku Umar (UTU) dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, pada pertemuan Forum Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Aceh di gedung kuliah terintegrasi UTU.[]

 

WARTAWAN: MULIADI

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.