STAIN Meulaboh Bahas Covid-19 dan Masa Depan Dunia

oleh -228 views
IMG 20200620 100319 compress56
Kamaruzzaman Bustamam Ahmad atau KBA saat tampil pada Webinar Covid-19 dan Masa Depan Dunia yang diselenggarakan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Sabtu, 20 Juni 2020. (BASAJAN.NET/BIDIKAN LAYAR/MULIADI).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, membahas masa depan dunia di tengah kondisi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), pada Website Seminar (webinar), Sabtu, 20 Juni 2020.

Webinar tersebut menghadirkan Antropolog Aceh, Kamaruzzaman Bustamam Ahmad atau KBA sebagai pembicara tunggal. Dipandu M. Ikhwan selaku moderator.

Loading...

Dalam paparannya KBA menjelaskan, kita memang tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan dengan adanya pandemi ini. Namun, apa pun itu, kita harus pandai dalam beradaptasi dan melakukan proses perspektif dari ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk melihat serta menghadapi situasi mendatang.

Ia menyampaikan, setiap orang harus membuka diri untuk memahami situasi pandemi dengan teori ilmu pengetahuan.

“Jadikan Covid-19 sebagai pelajaran dan pengalaman untuk kehidupan di masa yang akan datang,” ujar Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh itu.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah dalam sambutannya mengatakan, Covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan manusia saat ini dari segala sisi.

Hal itu pula yang menggerakkan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh untuk ambil bagian dalam melakukan kajian lebih jauh tentang Covid-19 dalam Studi Masa Depan Dunia, sebagaimana tema yang diangkat pada webinar tersebut.

Menurutnya, KBA merupakan sosok yang tepat untuk membahas permasalahan itu secara keilmuan. Hal ini tidak terlepas dari pengalaman KBA selaku peneliti dan akademisi.

“Terlebih lagi, beliau juga telah menulis dan menerbitkan bukunya yang bertajuk masa depan dunia,” terang Inayatillah.

Inayatillah menyampaikan terimakasih atas partisipasi peserta, sekaligus berharap masukan pelaksanaan webinar mendatang.

Webinar perdana ini dilaksanakan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) bersama Unit Pelaksana Tugas Teknologi, Informasi dan Pangkalan Data (UPT-TIPD) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Diikuti 250 peserta dari berbagai kalangan aerah di Indonesia.

Kepala P3M STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Ade Kurniawan menyampaikan, semua kekurangan yang ada pada webinar kali ini akan disempurnakan pada webinar berikutnya.

Ade mengatakan, webinar STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh direncakan akan dilaksanakan dua minggu sekali, dengan tema-tema yang khas tentang isu-isu terkini, baik lokal, nasional mupun internasional.[]

 

WARTAWAN: MULIADI

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *