Siswa Madrasah Aceh Barat Ikut Pra KSM

oleh -866 views
Siswa madrasah di Kabupaten Aceh Barat, mengikuti pelaksanaan Pra Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Selasa 18 Februari 2020. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh – Siswa madrasah di Kabupaten Aceh Barat, mengikuti pelaksanaan Pra Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Selasa 18 Februari 2020.

Kegiatan yang berlangsung di MAN 1 Aceh Barat tersebut bertujuan untuk menyeleksi siswa berkualitas, yang mampu mewakili Aceh pada KSM tingkat Nasional mendatang.

Loading...

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Iswandi mengatakan, kegiatan pra Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan program dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, melalui Seksi Kesiswaan.

“Alhamdulillah Kabupaten Aceh Barat menjadi kabupaten perdana yang melaksanakan Pra KSM,” katanya.

Iswandi menyebutkan, kegiatan Pra KSM tersebut diikuti oleh 248 siswa madrasah, terdiri dari 114 siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), 140 siswa tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 94 siswa tingkat Madrasah Aliyah (MA).

“Ada sebelas mata pelajaran yang dikompetisikan, yaitu dua pelajaran tingkat MI, tiga pelajaran tingkat MTs, dan 6 pelajaran tingkat MA,” urainya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar menyampaikan, pelaksanaan KSM tahun ini, siswa madrasah di Kabupaten Aceh Barat harus dipersiapkan secara matang, yaitu dengan cara menyeleksi, serta membimbing siswa tersebut secara matang.

“Tahun ini kita harapkan siswa Aceh Barat mampu berprestasi pada KSM tingkat Nasional di Sulawesi Tenggara. Paling tidak ada minimal ada satu orang dan maksimal sebanyak-banyaknya,” harap Khairul.

Selain itu Khairul mengimbau kepada kepala madrasah, untuk terus membina para siswa, terutama pada mata pelajaran yang dikompetisikan pada KSM, serta melakukan kolaborasi dengan pihak yang sudah berpengalaman pada KSM.

“Persiapkan diri dengan baik, mudah-mudahan tahun 2020 ini mendapatkan hasil yang membanggakan,” tambahnya.

Selain itu, Kepala Seksi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, M. Chairul Saleh meminta untuk menyeleksi 11 guru madrasah di Kabupaten Aceh Barat yang berkualitas, sesuai jumlah mata pelajaran yang akan dikompetisikan pada KSM.

“Sebelas guru terbaik, nanti akan kita bina. Satu guru satu mata pelajaran, sehingga nantinya dapat membimbing siswa dengan baik,” jelas Chairul Saleh.

Selain itu Ia menjelaskan, pelaksanaan Pra KSM dilakukan memanfaatkan aplikasi Quizizz yang berbasis online (daring). “Pada aplikasi ini, para siswa tidak bisa lagi mengulangi soal yang telah dilewatkan,” jelasnya.

Aplikasi Quizizz berasal dari Amerika berbaris online (daring), yang dirancang dengan menarik, yaitu dalam pengerjaan soal seperti bermain game. Setiap soal yang dijawab langsung mengeluarkan hasil benar atau salah dan mengeluarkan perangkingan secara otomatis.

Kasi Kesiswaan pada Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Saudah Pakeh menjelaskan, soal yang dikompetisikan pada Pra KSM merupakan soal yang berstandar nasional. Menurutnya, penerapan soal berstandar nasional, dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab soal yang diujikan nantinya.

Ia berpesan kepada para peserta Pra KSM untuk menjawab soal dengan hati-hati dan mampu menyesuaikan waktu pengisian dengan baik. “Jadilah yang terbaik,” serunya.

Saudah menambahkan, siswa terbaik pada pra KSM tingkat kabupaten, nantinya akan kembali mengikuti pra KSM di tingkat Provinsi Aceh.

“Setiap mata pelajaran, tiga siswa terbaik yang akan mengikuti pra KSM tingkat Provinsi,” jelasnya.[]

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *