Perpustakaan Aceh Barat Galakkan Literasi Masyarakat Gampong

oleh -17 views
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Aceh Barat menyerahkan bantuan bahan bacaan kepada Universitas Teuku Umar (UTU), Jumat 3 September 2021. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Guna menggalakkan literasi masyarakat gampong, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Aceh Barat menyerahkan bantuan bahan bacaan kepada Universitas Teuku Umar (UTU), Jumat 3 September 2021.

Pj Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Aceh Barat, Amril Nuthihar mengatakan, penyerahan 110 bahan bacaan tersebut untuk mendukung Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa, Universitas Teuku Umar (PHP2D-UTU).

Selain bahan bacaan, juga diserahkan rak buku untuk dimanfaatkan sebagai pojok bacaan di perpustakaan Gampong Lancong, Kecamatan Sungai Mas.

Amril berharap, dengan adanya kegiatan PHP2D-UTU, dapat meningkatkan minat baca anak-anak di Aceh Barat, khususnya di Gampong Lancong. 

“Kegemaran membaca akan membawa dampak positif ranah kognitif dan afektif seorang anak,” kata Amril.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UTU, Mursyidin mengatakan, UTU merupakan perguruan tinggi yang dipercayakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk menjalankan program PHP2D. Dalam hal ini, PHP2D diusul oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMADISTRA). 

Mursyidin menjelaskan, kegiatan PHP2D di Gampong Lancong akan dilaksanakan selama 6 bulan dengan menugaskan mahasiswa untuk mendampingi masyarakat selama 3 bulan. Program tersebut demi meningkatkan literasi bagi masyarakat setempat, khususnya bagi kalangan siswa.

“Sebab, akses Gampong Lancong ke perkotaan sangat jauh. Koleksi bahan bacaan pun juga minim,” kata Mursyidin.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.