Nazaruddin Lantik PD-IPI Kota Banda Aceh

oleh -85 views
Ketua PD-IPI Provinsi Aceh, Nazaruddin Musa MLIS PhD resmi melantik Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD-IPI) Kota Banda Aceh periode 2022-2024, Selasa 31 Mei 2022. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD-IPI) Provinsi Aceh, Nazaruddin Musa secara resmi melantik PD-IPI Kota Banda Aceh. Pelantikan tersebut berlangsung di aula Lantai III, Gedung Rektorat UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Selasa 31 Mei 2022.

 Adapun PD-IPI Kota Banda Aceh periode 2022-2024 yang dilantik yaitu Yusrawati sebagai Ketua, Nellyza sebagai Wakil Ketua, Musnahayati sebagai Sekretaris, Verawati sebagai Wakil Sekretaris dan Mariaton sebagai Bendahara, serta sejumlah ketua dan anggota bidang lainnya.

Ketua PD-IPI Provinsi Aceh, Nazaruddin Musa mengatakan, respon Perpustakaan Nasional terhadap perkembangan teknologi dan ekspansi peran perpustakaan berbasis inklusi sosial diharuskan untuk melakukan transformasi dalam berbagai aspeknya, mulai dari transformasi koleksi, layanan sampai dengan transformasi peran pustakawan. Hal tersebut sesuai dengan tema peringatan hari perpustakaan nasional RI ke-42 yaitu Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional.

Menurut Nazaruddin, perkembangan media baru yang berdampak pada tersedianya informasi dalam berbagai media dan format, pustakawan dituntut untuk mampu beradaptasi sehingga dapat melayani informasi yang diperlukan oleh masyarakat dengan cepat dan tepat.

Ia menjelaskan, secara umum IPI memiliki dua peran penting yaitu, peran internal dan eksternal. Secara internal IPI berperan sebagai rumah untuk melindungi, meningkatkan kompetensi serta mengadvokasi  jika ada permasalahan yang dihadapi oleh pustakawan. Sementara secara eksternal IPI berperan sebagai mitra pemerintah maupun swasta dalam upaya pengembangan perpustakaan dan pengembangan indeks literasi masyarakat. 

Sementara itu Ketua PD IPI Kota Banda Aceh, Yusrawati mengatakan, keberadaan organisasi IPI Kota Banda Aceh diharapkan dapat menjadi organisasi profesi yang mulia, mandiri, mampu berperan dalam mewujudkan terciptanya layanan informasi yang kompetitif dalam upaya mencerdaskan dan memasyarakatkan perpustakaan dan budaya literasi Kota Banda Aceh yang gemilang dalam bingkai syariah.  

Selain itu, Wali Kota Banda Aceh melalui Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh, Alimsyah mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus yang dilantik. Ia berharap pengurus IPI Kota Banda Aceh dapat saling berkolaborasi dalam mendukung kemajuan pembangunan dan literasi di Kota Banda Aceh. 

“Teruslah bergerak, bersinergi melalui terobosan dan ide dalam membudayakan kegemaran membaca di Kota Banda Aceh khususnya dan di Aceh pada umumnya,” harap Alimsyah. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.