Kemenag Aceh Barat Rencanakan Wakaf Jitu

oleh -66 views
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar saat mensosialisasikan rancangan aksi perubahan Wakaf Jitu (Waktu), Kamis 7 April 2022. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat merencanakan pengembangan wakaf jitu (Waktu) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar saat mensosialisasikan rancangan aksi perubahan pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Kamis 7 April 2022.

Khairul Azhar menjelaskan, wakaf jitu (waktu) merupakan rancangan program aksi perubahan di bidang wakaf produktif yang akan diterapkan di Kabupaten Aceh Barat, khususnya bagi ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat.

Berbeda dengan wakaf pada umumnya, wakaf jitu (waktu) memberikan kesempatan bagi pewakaf untuk mewakafkan hasil dari pohon produktif mereka secara berjangka, baik hasil dari pohon kelapa, kelapa sawit maupun hasil dari pohon produktif lainnya.

“Pewakaf bisa menentukan berapa lama hasil dari pohon produktif mereka untuk diwakafkan,” tambah Khairul.

Ia menambahkan, dalam mengimplementasikan rencana aksi perubahan tersebut memiliki tiga tujuan yang ingin dicapai, yaitu tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang yang akan memberi manfaat bagi internal dan juga eksternal.

Secara internal, program aksi perubahan ini akan meningkatkan kesadaran dan pemahaman bagi ASN untuk berwakaf, meningkatkan kinerja penyelenggaraan zakat dan wakaf, serta bertambahnya aset dan investasi ASN dalam upaya membangun ekonomi, keagamaan, pendidikan dan sosial.

Sedangkan secara eksternal, aksi perubahan ini juga memberi manfaat untuk membantu menanggulangi kemiskinan, pembiayaan program keagamaan, pendidikan dan sosial, serta meningkatkan kualitas sarana prasarana umum, tempat ibadah dan lainnya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.