Pemerintah Umumkan 1 Ramadan 1443H Jatuh pada 3 April 2022

oleh -96 views
Bupati Aceh Barat, Ramli MS memantau hilal dengan menggunakan teleskop, Jumat 1 April 2022. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat secara resmi mengumumkan 1 Ramadan 1443 H, jatuh pada Ahad, 3 April 2022.

Keputusan tersebut diumumkan pada sidang isbat yang berlangsung di Gedung Pusat Observasi Rukyatul Hilal Suak Geudeubang, Kabupaten Aceh Barat, Jumat 1 April 2022. Hal tersebut sesuai dengan hasil keputusan sidang isbat pemerintah Republik Indonesia.

“Insyaallah Ahad, 3 April 2022 kita mulai berpuasa ramadan,” kata Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar.

Khairul menjelaskan, sesuai dengan pengumuman hasil dari sidang isbat pemerintah Republik Indonesia yang diumumkan oleh Menteri Agama, dari 101 titik pelaksanaan rukyatul hilal, tidak ada satu titikpun yang dapat melihat hilal.

Dalam penetapan 1 ramadan, pemerintah melakukan dengan dua metode, yaitu dengan cara Hisab dan Rukyat. Jika salah satu dari metode tersebut tidak memenuhi standar, maka bulan sya’ban akan digenapkan menjadi 30 hari.

“Kita melakukan rukyatul hilal pada 29 hari bulan Sya’ban,” tambahnya.

Sementara itu, Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Aceh Barat, Kamil Syafruddin menjelaskan, saat pemantauan hingga pukul 18.54 WIB, tinggi hilal di Kabupaten Aceh Barat hingga 2°05’ 38.4”, elongasi 3° 25’ 5.0” dan Umur Hilal 9 jam 12’ 5.0”.

Namun ketinggian hilal tidak memenuhi standar kesepakatan dengan empat negara (Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia dan Singapura), yaitu minimal tinggi hilal hingga 3° ketinggian dan 6,4° derajat elongasi.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *