Guru PAI Aceh Barat Dilatih TIK

oleh -63 views
Guru PAI Aceh Barat Dilatih Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Kamis 26 Agustus 2021. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Sejumlah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Aceh Barat, dilatih penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Kamis, 26 Agustus 2021.

Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar menjelaskan, pelatihan tersebut diberikan untuk meningkatkan kemampuan guru PAI dalam mengakses teknologi informasi dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

Selain itu, juga untuk membantu para guru dalam menyelesaikan administrasi yang bersifat teknologi dengan baik.

Khairul menyebut, kegiatan tersebut diikuti empat puluh guru PAI Kabupaten Aceh Barat dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA/SMK.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat. Terlebih di tengah kondisi COVID-19 yang mengharuskan guru untuk menguasai teknologi dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

Menurut Khairul, pada kondisi pandemi COVID-19 saat ini, guru PAI menjadi ujung tombak dalam melakukan pembinaan kepada siswa di sekolah. Bukan hanya untuk memberikan pengetahuan saja, namun juga untuk membina batin, pikiran dan akhlak anak dengan baik.

Karenanya ia berharap, guru PAI mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini. Sehingga pembelajaran yang diberikan akan menarik dan sesuai dengan keinginan siswa zaman milenial.

“Jangan terpaku pada sistem pembelajaran kolonial, tapi ubahlah menjadi sistem pelajaran milenial,” pesannya.

Selain itu, Khairul menyampaikan, guru PAI juga harus mampu menginput data pribadi secara mandiri, seperti penginputan data pada aplikasi SIAGA.[]