Yuk Publikasi Jurnal Ilmiah Dengan Sinta

oleh -694 views

Basajan.net- Sekarang guru dan dosen tak perlu pusing dan merogoh kocek terlalu dalam untuk publikasi ilmiah. Pemerintah menyiapkan digitalisasi publikasi jurnal ilmiah menggunakan science and technology index yang diberi nama Sinta.

Tak hanya menghemat pengeluaran, Sinta akan membuat karya guru dan dosen Indonesia mudah dikenal secara internasional.

Lewat publikasi cetak, kocek yang harus dirogoh minimal sebesar Rp150 juta. Melalui sistem publikasi daring, dengan biaya minimal Rp5 juta saja, sudah dapat mengajukan akreditasi.

“Lihat kan betapa hematnya ini? Namun, bukan itu yang penting. Dengan jurnal elektronik, kita bisa memperkenalkan karya-karya Indonesia,” terang Peneliti Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lukman dalam workshop bertajuk Tata Kelola Jurnal Terakreditasi dan Terindeks Internasional di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jakarta, kemarin.

Menurut dia, publikasi elektronik sekaligus menunjukkan kinerja dosen dan guru besar di perguruan tinggi (PT) lewat jurnal yang dihasilkan. Selama ini, kecenderungan di zona nyaman membuat mereka yang sudah memiliki jabatan di PT jarang memublikasikan diri.

“Padahal, publikasi jurnal ilmiah dapat mengangkat citra Indonesia di dunia internasional,” imbuh dia.

Karena itu, Sinta akan menjadi salah satu cara pemerintah menegaskan kembali Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen agar produktif dalam menghasilkan karya.

Pemerintah, lanjut Lukman, akan menerapkan sistem reward and punishment yang diakomodasi dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 20 Tahun 2017 tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Profesor.

“Resistensi memang ada, tapi kita akan transisi selama dua tahun ke depan agar semua siap terhadap publikasi ini,” papar dia.[]

Sumber: Mediaindonesia.com

Editor: Junaidi Mulieng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *