Mahasiswa Aceh Barat Dikenalkan Ilmu Fotografi

oleh -149 views
Tarmizy Harva sedang menjelaskan fotografi kepada mahasiswa di Aceh Barat, Rabu 8 Maret 2023. (BASAJAN.NET/HARIS)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Sejumlah mahasiswa di Kabupaten Aceh Barat mendapatkan pengenalan ilmu fotografi dasar. Hal tersebut diberikan oleh Fotografer Senior, Tarmizy Harva di Rooftop Basajan, Rabu, 08 Maret 2023.

Tarmizy menyampaikan, di era pesatnya perkembangan teknologi saat ini, sangat sulit untuk membedakan foto yang asli dengan foto yang telah diedit. Sebab, kehadiran kamera canggih sudah seharusnya aplikasi edit gambar tidak dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah karya foto yang bagus.

Dalam etika jurnalistik merubah warna dari sebuah gambar tidak boleh dilakukan. Sesuai dengan makna dari fotografi yaitu melukis dengan cahaya, maka terciptanya sebuah foto karena adanya cahaya.

“Cahaya bisa dari berbagai sumber, bisa dari flash, senter, lampu dan lain sebagainya”, ungkap Pemenang worldpressphoto tahun 2004 tersebut.

Dalam menangkap sebuah gambar ada tiga hal yang mungkin terjadi, yaitu under exposure (foto terlihat lebih gelap dari sebenarnya), over exposure (dimana foto terlihat lebih terang dari yang sebenarnya), dan normal exposure (kondisi cahaya yang masuk ke dalam sensor cenderung pas dan sesuai dengan kondisi objek pada waktu di foto).

Dalam diskusi yang diinisiasi oleh Basajan Creative School (BCS) dan diikuti oleh belasan mahasiswa dan alumni prodi Komunikasi Penyiaran Islam STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh itu, Tarmizy Harva juga memberikan tips yang bisa dilakukan untuk membantu fotografer ketika turun ke lapangan yaitu dengan cara memfoto tangan sendiri untuk mengecek warna yang dihasilkan dari sebuah gambar.

Selain itu, Tarmizy Harva juga berbagi pengalaman yang sudah didapatkan selama menjadi seorang fotografer, yang mana hal tersebut bisa menjadi gambaran bagi mahasiswa yang ingin menekuni bidang foto jurnalistik.

Di akhir diskusi, Tarmizy Harva memberikan buku galeri foto jurnalistik “Sinabung Kelud Calling” kepada Basajan.net, prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam dan perpustakaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.[]

—————

PENULIS: OKA RAHMADIYAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.