KONI Aceh Jajaki Kerjasama dengan Korsel

oleh -273 views
Pengurus KONI Aceh dan KONI Sumut saat berada di Korsel dalam rangka penjajakan kerjasama di bidang olahraga. (Basajan.net/istimewa)

BASAJAN.Net, Seoul – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh jajaki kerjasama peningkatan prestasi olahraga dengan Pemerintah Korea Selatan. Penjajakan kerjasama di bidang olahraga ini ditandai dengan kunjungan langsung KONI Aceh dan KONI Sumut ke Negeri Ginseng tersebut. Lawatan ke Korsel tersebut difasilitasi Ketum KONI Pusat, Tono Suratman, sejak 27 Oktober 2018.

Delegasi Aceh dipimpin langsung oleh Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf, turut didampingi Ketua Harian Kamaruddin Abubakar, Sekretaris Umum M. Nasir Syamaun dan Bendahara Umum Kennedi Husein. Dari KONI Sumut hadir Jhon Ismady Lubis selaku Ketua Umum.

Muzakir Manaf yang akrab disapa Mualem, Selasa 30 Oktober 2018, mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka menjajaki rencana pengiriman atlet dari beberapa cabang olahraga (Cabor) untuk persiapan menghadapi PON Papuan tahun 2020 dan PON Aceh-Sumut tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut rombongan KONI Aceh dan KONI Sumut mengunjungi beberapa fasilitas olahraga yang ada di Korsel, seperti Main Stadium Incheon. Stadion ini merupakan tempat pembukaan Asian Games 2018 dan tempat pertandingan Cabor atletik. Selain itu, juga mengunjungi beberapa fasilitas olahraga yang pernah dipakain untuk ajang Asian Games 2014.

Sekum KONI Aceh, M. Nasir Syamaun menyampaikan, Walikota Incheon membuka kesempatan selebar-lebarnya mengenai rencana kerjasama di bidang olahraga ini.

Lawatan kemudian dilanjutkan ke Provinsi Busan yang disambut langsung Gubernur Chungcheongbuk-do dan Mr. Lee Si Jung, selaku presiden World Martialt Art Mastership Commite. Di Busan, rombongan mengunjungi beberapa sarana dan prasarana olahraga yang pernah dipakai saat ajang Asian Games 2002.

Pada pertemuan terakhir, rombongan melakukan pertemuan langsung dengan Yongtae KIM selaku Vice President Korean Sport Oranising commite yang merupakan organisasi induk olahraga Korea Selatan.

Sementara itu, Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abubakar yang akrab disapa Abu Razak mengatakan, dipilihnya Korea Selatan sebagai negara untuk menjalin kerjasama di bidang olahraga dikarenakan Negeri Ginseng tersebut merupakan salah satu negara raksasa olahraga di Asia.

Ia berharap, kerjasama ini nantinya akan meningkatkan prestasi olahraga Aceh, hingga diperhitungkan di level internasional.”[]

 

 

Editor: Junaidi Mulieng