Kadisbudpar Aceh Ajak Masyarakat Berwisata Sejarah ke Makam Teuku Umar

oleh -159 views
Kadisbudpar Aceh Ajak Masyarakat Berwisata Sejarah ke Makam Teuku Umar
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal saat mengunjungi makam Teuku Umar di Desa Meugo, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu, 11 Februari 2023. (BASAJAN.NET/KADISBUDPAR ACEH).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal mengajak seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Aceh Barat untuk merawat makam pahlawan nasional, Teuku Umar Johan Pahlawan.

Pernyataan itu disampaikan Almuniza usai mengikuti upacara ziarah memperingati syahidnya Teuku Umar di Desa Mugo, Kabupaten Panton Reu, Aceh Barat, Sabtu, 11 Februari 2023. Acara ini diselenggarakan oleh Pemkab Aceh Barat.

Almuniza mengatakan, tahun 2021, Pemerintah Aceh sudah menggelontorkan dana sekitar Rp3 miliar untuk membangun (merevitalisasi) akses ke objek wisata sejarah makam Teuku Umar.

“Saya harap para budayawan, pegiat wisata dan sejarah, serta masyarakat di Aceh Barat terus menjaga kelestariannya,” ujar Almuniza.

Berdasarkan catatan Disbudpar Aceh tahun 2022, di Aceh Barat terdapat 26 cagar budaya dan total objek wisata 35 spot.

Oleh karena itu, Almuniza menilai kota kelahiran Teuku Umar ini memiliki banyak potensi untuk menarik minat kunjungan wisatawan.

Menurutnya, banyak potensi yang bisa digarap di Makam Teuku Umar, seperti membuat atraksi (budaya dan pariwisata).

“Salah satunya kegiatan seperti ini, haul, bisa dimaksimalkan agar wisatawan datang ke sini. Ayo berwisata di salah satu cagar budaya unggulan di Aceh Barat ini,” pungkasnya. []

EDITOR: JUNAIDI MULIENG