Direktur Diktis Dukung Transformasi STAIN Meulaboh Jadi IAIN

oleh -42 views
Direktur Diktis Dukung Transformasi STAIN Meulaboh Jadi IAIN
Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag RI, Suyitno saat memberikan kuliah umum di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Kamis, 7 April 2022. (BASAJAN.NET/MULIADI).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag RI, Suyitno, mendukung Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh bertransformasi menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Namun Suyitno mengingatkan, sebelum transformasi dilakukan, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh harus lebih dulu fokus pada pembangunan lembaga agar semakin unggul.

“Jangan sampai nanti ketika sudah IAIN, tapi manajemen pengelolaan dan mutunya masih rasa STAIN,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Suyitno dalam kuliah umum peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di aula kampus setempat, Kamis, 7 April 2022.

Menurutnya, legalitas transformasi bukanlah tujuan akhir yang hendak dicapai. Setidaknya ada tiga hal penting yang harus menjadi perhatian STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh sebelum transformasi dilakukan, yaitu sarana dan prasaran (sarpras), sumber daya manusia, informasi teknologi dan potensi intelektual akademik.

“Dengan begitu, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dapat dipastikan layak bertransformasi menjadi IAIN. InsyaAllah kita akan terus mendukung dan membantu proses tersebut,” ujarnya Suyitno.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah menyampaikan, sejak kampus dinegerikan pada tahun 2014, pihaknya terus berbenah dalam meningkatkan mutu pendidikan di pantai Barat-Selatan Aceh.

Dalam rentang waktu tersebut, kata Inayatillah, dari 12 program studi yang dimiliki STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, telah memperoleh status akreditasi institusi “Baik Sekali” dan lebih dari setengahnya telah mendapatkan status akreditasi “Baik”.

“Kualitas sumber daya manusia juga akan terus dikembangkan demi kemajuan kampus ini,” katanya.

Inayatillah berharap, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dapat segera bertransformasi ke IAIN guna menunjang lembaga pendidikan yang unggul dan kompetitif di masa akan datang.

“Untuk itu, kami sangat berharap dukungan dari semua pihak, terutama Bapak Direktur, agar keinginan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh untuk bertransformasi ke IAIN dapat segera terwujud,” ucapnya.[]

==========================

WARTAWAN: MULIADI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.