Tiga Hal Wajib Dimiliki Mahasiswa Sebelum Magang

oleh -570 views
Pembekalan magang mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Selasa 4 Februari 2020. (BASAJAN.NET/MULIADI)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah menekankan, ada tiga hal yang wajib dimiliki setiap mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Ketiga aspek tersebut adalah kognitif, afektif dan psikomotorik.

“Ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk menganalisis, baik secara induktif maupun deduktif, itu yang dimaksud kognitif,” ujarnya.

Loading...

Hal tersebut disampaikan Inayatillah saat membuka pembekalan magang mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Selasa 4 Januari 2020.

Sementara aspek afektif, berkaitan dengan karakter dan tindakan positif yang perlu dimiliki mahasiswa sebagai cerminan nilai-nilai Islam yang melekat pada perguruan tinggi. Sedangkan aspek psikomotorik merupakan kemampuan dalam mengimplementasikan skill.

Pembekalan diikuti 26 mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam. Mereka nantinya akan ditempatkan pada enam instansi di Aceh Barat.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Barat, Amril Nuthihar, sebagai salah satu pemateri mengatakan, sebagai generasi milenial, mahasiswa hari ini dituntut untuk berperan penting dalam kemajuan di era industri 4.0.

Amril menyampaikan, kondisi dunia kerja hari ini menuntut serba cepat, terutama di bidang informasi komunikasi.

“Penggunaan media digital hari ini, membuat komunikasi dapat dilakukan di mana pun, kapan pun dan dengan siapa pun,” paparnya.

Pada pembekalan tersebut, mahasiswa juga mendapatkan materi dari Kepala Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Meulaboh, Dwi Korianingsih dan dosen Universitas Teuku Umar, Akmal Saputra.

Turut hadir para wakil ketua, Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, Adi Kasman, Ketua Prodi dan dosen.[]

 

 

WARTAWAN: MULIADI

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *