Rektor UIN Ar-Raniry: Jadi PNS Bukan Solusi

oleh -618 views
Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin AK menyerahkan ijazah kepada para wasudawan pada rapat senat terbuka wisuda doktor, magister dan sarjana semester ganjil TA 2019/2020, Sabtu, 15 Februari 2020, di Auditorium Prof Ali Hasjmy, Kopelma Darussalam Banda Aceh. [BASAJAN.NET/NAT RIWAT].

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Sebagai cendekiawan muda, para lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh diharapkan mampu membaca perkembangan sosial politik yang sedang terjadi, sehingga melahirkan berbagai discovery sebagai ragam solusi dalam pemecahan masalah.

“Setelah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi, akan ada berbagai tantangan pekerjaan dan gejolak sosial yang akan dihadapi,” kata Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin AK, Sabtu, 15 Februari 2020.

Loading...

Hal itu disampaikan Warul pada rapat senat terbuka wisuda doktor, magister dan sarjana semester ganjil tahun akademik 2019/2020.

Warul mengatakan, menjadi pegawai negeri sipil (PNS) bukanlah solusi bagi alumni UIN Ar-Raniry untuk menjawab tantangan yang ada saat ini. Dengan kemampuan intelektualitas yang dimiliki, alumni UIN Ar-Raniry harus mampu menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat.

“Bangkit dan terus bergerak untuk menciptakan perubahan demi perubahan, sehingga kalian dikenal sebagai orang yang berilmu pengetahuan dan pekerja keras. Tidak mesti menjadi PNS,” pesannya kepada para wisudawan.

Tahun ini, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, mewisuda 1.771 lulusan. Prosesi wisuda berlangsung hingga Ahad, 16 Februari 2020, di gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy, Darussalam Banda Aceh.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Gunawan dalam laporannya menyebutkan, adapun jumlah keseluruhan lulusan terdiri dari, empat orang program doktor, 105 orang Magister Agama Islam dan 1.662 orang program sarjana.

Untuk program sarjana strata satu (S1), jumlah wisudawan dari masing-masing fakultas terdiri dari, 179 lulusan Fakultas Syari’ah dan Hukum, 730 lulusan Fakultas Tarbiyah  dan Keguruan, 90 lulusan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, 160 lulusan Fakultas Dakwah dan Komunikasi,107 lulusan Fakultas Adab dan Humaniora, 232 lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 58 orang Fakultas Sains dan Teknologi, 56 orang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan dan  50 lulusan Fakultas Psikologi.

Gunawan mengatakan, prosesi wisuda kali ini harus dilaksanakan dua hari, karena jumlah wisudawan yang mencapai ribuan lebih. Untuk hari pertama, diperuntukkan bagi Pascasarjana dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Sementara hari kedua, untuk delapan fakultas lainnya.

“Hingga saat ini, alumni UIN Ar-Raniry berjumlah 41.861 orang,” paparnya.[]

 

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *