Gamgam Pimpin Sambo Aceh

oleh -433 views
Musprov Persambi Aceh yang digelar di kawasan Tibang, Banda Aceh, Senin 6 Januari 2020. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Aceh, resmi terbentuk. Pembentukan tersebut berdasarkan hasil musyawarah olahraga provinsi (Musprov) yang digelar di kawasan Tibang, Banda Aceh. Dari hasil musyawarah tersebut, para peserta sepakat mununjuk Safrizal alias Gamgam sebagai ketua umum.

Ketua Panitia Musprov, Ahyar, Senin 6 Januari 2020 menjelaskan, pelaksanaan musyawarawah Persambi Aceh merupakan langkah awal pembentukan cabang olahraga (cabor) Sambo di Aceh. Hal tersebut berdasarkan mandat PB Persambi kepada Ketua Umum KONI Aceh, tanggal 6 Agustus 2019 dengan Nomor 06/Persambi/08.

Loading...

Ia mengatakan, saat ini Persambi sudah masuk dalam keanggota KONI Pusat. Pada PON XX tahun 2020, cabor Sambo akan tampil sebagai cabang eksebisi.

“Alhamdulillah kemarin seluruh tahapan musyawarah telah selesai dilaksanakan,” ujar Ahyar yang juga mewakili KONI Aceh selaku pemegang mandat.

Selain memilih ketua umum, forum juga menyepakati pembentukan tim formatur yang kemudian menetapkan Munawar (Apayeuk) sebagai ketua harian, Sayed Akram sebagai sekretaris umum dan Ahmad Mirza Safwandy sebagai bendahara.

Ahyar menyampaikan, KONI Aceh sangat berharap agar Cabor Sambo dapat berkembang di Aceh. Terlebih tahun 2024, Aceh bersama Sumatera akan menjadi tuan rumah PON. Sambo diharapkan akan menjadi salah satu cabor andalan pada saat Aceh menjadi tuan rumah PON.

“Segera susun dan laksanakan program pembinaan. Lakukan kooordinasi dengan PB untuk meningkatkan SDM, karena ini cabor baru,” perintahnya.

Sementara itu, Ketua Umum Persambi terpilih Gamgam mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera melaksanakan pelantikan, sekaligus rapat kerja. Sesuai amanah KONI Aceh, pihaknya akan berupaya agar Cabor Sambo bisa masuk dalam ajang Pekan Olahraga Aceh (PORA) 2022 di Pidie.

“Kita akan kejar target masuk sebagai anggota KONI Aceh dan pembentukan minimal 12 Pengcab sebagai syarat keikutsertaan dalam PORA,” kata Gamgam.

Mengenal Sambo

Sambo merupakan olahraga atau seni bela diri yang berasal dari Rusia, populer pada tahun 1940-an. Sambo adalah singkatan dari Samozashchita Bez Oruzhia, yang artinya pertahanan diri tanpa senjata. Saat ini, Sambo digunakan untuk seni bela diri militer tentara Rusia.

Sambo menggabungkan gulat dan judo dengan menekankan pada kemampuan kontrol dan kuncian kaki. Sambo mengajarkan praktisi cara untuk mengakhiri perkelahian dengan cepat. Hal ini sering dilakukan dengan menjatuhkan lawan ke tanah dan menerapkan kuncian atau serangan cepat.

Sambo sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2007. Tokoh pendiri Sambo di Indonesia adalah Aji Kusmantri dari Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI). Sambo pertama kali diperkenalkan di lingkungan Universitas Trisakti pada tahun 2008. Bersama Gerard Lim (Singapore Sambo), perlahan olahraga Sambo mulai dikenal di kalangan Perkumpulan Judo Universitas Trisakti.

Pada awalnya, tidak banyak mahasiswa yang mengikuti olahraga ini. Alasannya adalah belum tersosialisasikan dengan baik dan memiliki perbedaan dari segi seragam latihan yaitu menggunakan celana pendek dan sepatu khusus.

Saat ini di Indonesia, Sambo telah memiliki induk organisasi resmi yaitu Pengurus Besar Persatuan Sambo Indonesia (PB PERSAMBI).

Jenis-jenis Sambo

Sambo memiliki lima jenis yang berbeda. Pertama Combat Sambo, dibuat untuk militer. Tidak hanya gaya mengunci, tapi Sambo ini juga menggunakan senjata. Kedua Freestyle Sambo, menggunakan teknik mencekik, namun teknik ini sempat dilarang dalam olahraga Sambo.

Ketiga Bela Diri Sambo, adalah jenis Sambo yang paling umum untuk dipelajari. Pada jenis ini, diajarkan cara membela diri terhadap senjata dan hal-hal sejenisnya. Banyak metode serangan memanfaatkan agresi lawan. Gerakan ini juga mirip dengan Jujitsu dan Aikido.

Keempat Sambo Khusus, dirancang untuk unit tertentu dengan serangan dan respon yang sangat cepat. Dalam hal ini, Sambo Khusus sangat mirip dengan Combat Sambo tetapi dengan serangan yang memiliki tujuan tertentu. Kelima Olahraga Sambo, sangat mirip dengan Judo. Tujuannya adalah untuk menjatuhkan dan mematahkan pertahanan lawan. Aturan kompetisi mengizinkan semua jenis kuncian, termasuk mengunci dengan menggunakan kaki.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

  

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *