Prodi Ilmu Komunikasi UTU Belajar Instrumen Akreditasi 4.0

oleh -230 views
Pelatihan tatacara pengisian instrumen borang akreditasi program studi versi 4.0, di Universitas Teuku Umar, Senin, 4 November 2019. (BASAJAN.NET/NURKHALIS)

BASAJAN.Net, Meulaboh– Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar, dilatih tatacara pengisian instrumen borang akreditasi program studi versi 4.0. Pelatihan tersebut diisi oleh Bekti Istiyanto, Senin, 4 November 2019, di Laboratorium Bahasa Prancis kampus setempat.

Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman tersebut, menjelaskan instrumen borang akreditasi program studi versi 4.0, terdapat sembilan kriteria yang harus dipenuhi.

Adapun kriteria tersebut, terdiri dari tata pamong, tata kelola dan kerja sama, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana pendidikan, penelitian, pengabdian pepada masyarakat (PKM) dan luaran capaian hasil pendidikan, hasil penelitian dan PKM.

Bekti mengatakan, dari sembilan kriteria tersebut yang memperoleh nilai tertinggi terletak pada standar enam dan sembilan.

“Persiapkan bukti dan dokumentasi pada kedua bahagian tersebut. Keseluruhan kriteria diketuai oleh Unit Pengelola Program Studi (UPPS),” papar Bekti.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar (FISIP UTU), Basri mengatakan, pelatihan tersebut penting bagi prodi dalam mempersiapkan akreditasi dengan model terbaru.

Ia berharap, pelatihan tersebut dapat memberikan pengetahuan bagi tim akreditasi Prodi Ilmu Komunikasi.

“Peralihan dari sistem lama ke sistem baru, pada instrumen akreditasi, belum sepenuhnya kami ketahui dan pahami,” terang Basri.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Putri Maulina berharap, ada sinergisitas antara prodi dan fakultas dalam pengerjaan reakreditasi Prodi Ilmu Komunikasi beberapa bulan ke depan. Terutama dalam melengkapi penyusunan instrumen versi 4.0.[]

 

WARTAWAN: NURKHALIS

EDITOR: MELLYAN

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *