Kepala dan Operator KUA Aceh Barat dapat Bimtek Sistem Informasi

oleh -168 views
Kepala dan Operator Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan di Kabupaten Aceh Barat sedang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi KUA di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Kamis 31 Oktober 2019. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Guna memaksimalkan pelayanan digital kepada masyarakat, kepala dan operator Kantor Urusan Agama (KUA) di Kabupaten Aceh Barat, mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) sistem informasi dan administrasi.

Kegiatan yang berlangsung di aula Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Barat, Kamis 31 Oktober 2019 tersebut, sekaligus sebagai bentuk pembinaan dan peningkatan kapasitas kepala dan operator KUA yang dilakukan Kankemenag Aceh Barat.

“Di era teknologi informasi ini, layaknya setiap pegawai harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman,” ujar panitia pelaksana, Mukhtarudin.

Ia menyebutkan, peserta kegiatan terdiri dari 12 kepala dan 12 operator KUA yang ada di Kabupaten Aceh Barat.

Kepala Kankemenag Aceh Barat, Khairul Azhar dalam materinya mengatakan, pegawai Kemenag harus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Keberadaan teknologi informasi harus digunakan demi kepentingan umat.

“Seluruh pegawai harus bisa teknologi, terutama operator. Karena saat ini operator tidak lagi menggunakan kertas, tapi sudah serba menggunakan digitalisasi,” ungkapnya.

Khairul menyampaikan, aplikasi layanan di Kemenag yang diberikan kepada masyarakat telah banyak berkembang. Hal tersebut menuntut semua pegawai, khususnya operator untuk menguasainya dengan baik.

“Jika tidak, semua kegiatan kantor tidak akan berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Menurut survei, lanjut Khairul, saat ini pelayanan di KUA masih rendah. Hal ini dikarenakan masih kurangnya tenaga yang profesional dalam mengelola administrasi.

“Masyarakat yang kita layani harus puas, maka tingkatkan pelayanan kita kepada masyarakat. Jangan malu dikritik, karena itu menjadi evaluasi kita dalam meningkatkan kinerja,” pesannya.

Khairul berharap, semua pegawai Kementerian Agama di Kabupaten Aceh Barat mampu berinovasi demi meningkatkan kualitas pelayanan dan pengembangan diri.

“Kita membutuhkan inovasi dan tradisi terbaik untuk generasi,” pungkasnya.

Selain Khairul Azhar, kegiatan tersebut juga diisi oleh Kepala KUA Kecamatan Meureubo, Kamil Syafruddin. Operator KUA Kecamatan Samatiga, Teuku Nazliansyah, dan Operator KUA Kecamatan Johan Pahlawan, Khairianto.[]

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL
EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *