Tips Investasi Aman Bagi Milenial

oleh -138 views
Marketing Eksekutif Pegadaian Syariah Meulaboh, Irwin Syah bersama Penggagas Pojok Investasi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. (BASAJAN.NET/M. IKHSAN)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Saat ini terdapat banyak jenis investasi yang ditawarkan lembaga-lembaga keuangan. Baik konvensional maupun syariah. Namun, dari sekian banyak jenis investasi yang ada, manakah yang cocok dan aman bagi generasi milenial?

Marketing Eksekutif Pegadaian Syariah Meulaboh, Irwin Syah menyebutkan, saat ini ada beberapa jenis investasi yang tersedia, diantaranya investasi saham, emas, deposito, properti, surat berharga dan tabungan uang. 

Namun ia menyarankan, bagi milenial yang ingin berinvestasi agar lebih jeli dalam memilih jenis investasi yang ada. Termasuk kemudahan, keuntungan dan resiko.

“Dari jenis investasi tersebut, saya menyarankan tabungan emas,” ujar Irwin Syah, di hadapan peserta Pojok Investasi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Jumat 11 Oktober 2019.

Kenapa emas? Irwin menjelaskan, emas merupakan barang atau alat tukar yang tahan terhadap inflasi. Berbeda dengan uang, yang nilainya makin lama makin menurun. 

Sementara saham, investasi ini dinilai terlalu beresiko bagi milenial. Sedangkan investasi properti, akan sulit dijual ketika keperluan dana mendadak. Begitu juga halnya, investasi surat berharga dan deposito.

Karenanya Irwin menilai, solusi investasi paling aman bagi milenial adalah emas. Selain nilainya yang stabil, emas juga mudah untuk dikonversikan menjadi uang.

“Jadi, kalau anda punya emas, hari ini anda jual saat itu pula akan laku,” tuturnya.

Irwin mengatakan, saat ini di Pegadaian Syariah terdapat produk investasi emas yang diberi nama Tabungan Simpanan Emas. Hanya dengan modal Rp50.000,- nasabah sudah bisa berinvestasi dan memperoleh 0.01 gram emas di buku tabungan.

“Yang anda setor uang, tapi yang tersimpan di situ adalah emas,” jelasnya.

Ia menyarankan, bagi mahasiswa yang ingin berinvestasi dapat dimulai dengan jumlah kecil dulu.

“Lama kelamaan modal yang kita investasikan, tanpa disadari akan sangat besar,” ujarnya bersemangat.

Peserta Pojok Investasi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

Pojok Investasi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, merupakan wadah Inklusi Keuangan dan Investasi yang digagas Mellyan, Dosen Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam. Kegiatan tersebut diikuti tiga puluhan mahasiswa.

Baca juga: Dosen STAIN Meulaboh Beri Inklusi Investasi Bagi Mahasiswa

Sementara itu, Sekretaris Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, Muliza mengatakan Pojok Investasi sangat penting dalam memantik keinginan generasi muda untuk mengenal investasi.

“Pihak jurusan sangat mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

Ia berharap, kehadiran Pojok Investasi dapat menumbuhkan kesadaran bagi mahasiswa untuk berinvestasi sejak dini, sebagai bentuk menyiapkan masa depan, seperti halnya pendidikan, kesehatan, dan harta.

Bella Annisa, peserta Pojok Investasi menyampaikan, dirinya merasa tercerahkan dan semakin paham tentang pentingnya berinvestasi sejak dini.

Ia berharap, kegiatan tersebut terus berlanjut untuk mengedukasi masyarakat kampus, terutama mahasiswa, sehingga ke depan semakin melek investasi.[]

 

KONTRIBUTOR: M. IKHSAN

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *