SMAN 1 Bandar Baru Kembangkan Otomasi Perpustakaan

oleh -109 views
Foto: BASAJAN.NET/ISTIMEWA

BASAJAN.NET, Meureudu- SMA Negeri 1 Banda Baru Pidie Jaya melakukan bedah perpustakaan sekolah. Kegiatan yang berlangsung 5-7 Oktober 2019 tersebut, sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan program pengembangan perpustakaan berbasis web.

Program pengembangan perpustakaan tersebut dilakukan Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, bersama alumni yang tergabung dalam Aceh Library Consultant (ALC).

Manager operasional, Wandi Syahputra, dalam siaran pers yang diterima redaksi Basajan.net, Senin 7 Oktober 2019 mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu rutinitas pengelolaan administrasi perpustakaan. Mulai dari pengolahan, sirkulasi, inventaris koleksi, statistik pengunjung dan kegiatan-kegiatan lainnya yang terkait dengan pekerjaan operasional perpustakaan secara cepat dan tepat.

Untuk tahap awal, kata Wandi, pihaknya fokus pada integrasi koleksi dari manual ke automasi, dengan menggunakan aplikasi SchILS yang merupakan sistem automasi perpustakaan berbasis SLiMS. 

“Insya Allah ke depan, kita akan bantu online kan, sehingga dapat diakses oleh semua pengguna tanpa harus ke perpustakaan,” ujar Wandi Syahputra.

Wandi menyampaikan, selama tiga hari, pihaknya fokus melakukan pengolahan seluruh koleksi. Mulai dari entri, penempelan label dan barcode, dan pembuatan kartu perpustakaan. Hal tersebut untuk mendukung penerapan otomasi perpustakaan, serta kemudahan akses buku yang menjadi rujukan setiap siswa dalam proses belajar mengajar.

Selain itu, pihanya juga membekali para pengelola perpustakaan dan akan terus memberikan pendampingan untuk pengembangan perpustakaan ke depan.

Sementara itu, Koordinator Perpustakaan SMAN 1 Banda Baru, Vega Soraya mengatakan, di era informasi saat ini mendorong setiap Perpustakaan mengimplementasikan teknologi untuk berbagai kemudahan dalam manajemen pengelolaan perpustakaan.

Walau belum maksimal, namun setidaknya terobosan yang dilakukan pihak sekolah dapat membantu rutinitas pengelolaan administrasi perpustakaan. Mulai dari pengolahan, sirkulasi, inventaris koleksi, statistik pengunjung dan kegiatan-kegiatan lainnya. 

School Integrated Library System (SchILS) merupakan aplikasi sistem automasi perpustakaan berbasis SLiMS yang khusus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perpustakaan sekolah. Aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan koleksi digital Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan buku cerita rakyat yang diterbitkan Kemendikbud.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *