UTU-Unimal Teken Kesepakatan Riset Bersama 

oleh -191 views
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh melakukan Memorandum of Agreement (MoA), Senin 16 September 2019, di aula utama UTU. (BASAJAN.NET/NURKHALIS)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Universitas Teuku Umar (UTU) dan Universitas Malikussaleh (Unimal) bersepakat melakukan riset bersama atau kolaborasi. Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik kedua universitas, Senin 16 September 2019, di aula utama UTU.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UTU, Basri menyampaikan, kesepakatan riset kolaborasi tersebut merupakan bagian dari peningkatan tri dharma perguruan tinggi kedua kampus yang menjadi hal terpenting dalam peningkatan kualitas dosen.

“Nantinya kolaborasi ini menjadi keuntungan bersama di masa yang akan datang,” ujar Basri.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FISIP Unimal M. Akmal mengungkapkan, kerjasama Unimal dan UTU telah menjalin sejak 2011, dalam proses bimbingan skripsi mahasiswa. MoA yang ditandatangani Fisip UTU dan Fisip Unimal merupakan kelanjutan dari kerjasama sebelumnya. 

Ia berharap, dengan adanya kesepakatan tersebut, kedua fakultas dapat melakukan berbagai program kolaborasi riset bersama Pemerintah Daerah Aceh Barat dan Lhokseumawe. Melaksanakan perkuliahan semester bersama, kunjungan mahasiswa, magang, program riset Simlitabmas atau riset non Simlitabmas (Mandiri) dan program kerja sama antar mahasiswa.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTU, Mursyidin menyampaikan harapan besar kepada seluruh dosen UTU untuk terus meningkatkan potensi diri dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Mursyidin berharap, ide-ide kreatif dan inovasi yang dihasilkan dari kolaborasi Fisip UTU dengan Fisip Unimal, nantinya juga berdampak positif bagi pengembangan keilmuan dan kampus secara keseluruhan.

MoA tersebut ditandatangani oleh ketua prodi masing-masing, baik Fisip UTU maupun Unimal, yaitu Prodi Ilmu Komunikasi, Ilmu Sosiologi dan Ilmu Administrasi Negara. 

Dari Fisip Unimal turut hadir Dekan M. Akmal, Wakil Dekan I, T. Alfiady, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Kamaruddin, Ketua Prodi Administrasi Publik, Ahmad Yani, Ketua Prodi Sosiologi Rahmad Rangkuty, dan Ketua Prodi Administrasi Bisnis Sufi. Dari Fisip UTU, dekan dan jajaran pimpinan, para ketua program studi, dosen dan 250 mahasiswa.

Selain penandatanganan MoA, kegiatan tersebut juga diisi diskusi bersama dengan pemateri Dekan Fisip UTU dan Fisip Unimal.[]

 

WARTAWAN: NURKHALIS

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *