UIN Gelar Workshop Pendampingan Penulisan Profil Gender

oleh -137 views
Foto: (BASAJAN.NET/NAT RIWAT)

BASAJAN.NET, Banda Aceh – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar workshop Pendampingan Penulisan Profil Gender di lingkungan kampus setempat. Kegiatan tersebut berlangsung hingga 27 September 2019, di Ruang LP2M kampus setempat.

Kepala PSGA UIN Ar-Raniry, Nashriyah di sela-sela kegiatan, Kamis 26 September 2019 mengatakan, profil tersebut merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan di sebuah lembaga seperti perguruan tinggi, dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia.

Ia menambahkan, workshop tersebut dilaksanakan untuk menyusun profil gender UIN Ar-Raniry, sehingga dapat digunakan untuk melihat capaian pembangunan kampus tersebut yang berbasis data pilah, dengan harapan dapat menjadi informasi penting, baik dalam agenda evaluasi maupun feedback dalam proses perencanaan pembangunan di masa mendatang.

Nashriyah mengharapkan, melalui workshop tersebut dapat meningkatkan kualitas SDM PSGA dalam penyusunan profil gender, selanjutnya untuk mengidentifikasi masalah dan isu kesenjangan gender yang terjadi pada beberapa bidang pembangunan di kampus, serta dalam rangka menyusun buku profil gender UIN AR-Raniry tahun 2019.

Ditambahkan, pembuatan profil gender tersebut salah satunya adalah melakukan pemetaan terhadap setiap lini di UIN Ar-Raniry, seperti jumlah dosen, tenaga kependidikan, dan bidang lainnya.

“Dari data tersebut akan menghasilkan banyak hal dalam mewujudkan visi misi perguruan tinggi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Nashriyah menambahkan, penyelenggaraan data gender adalah suatu upaya pengelolaan data pembangunan yang meliputi pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang sistematis, komprehensif, dan berkesinambungan yang dirinci menurut jenis kelamin dan umur, serta data kelembagaan terkait unsur-unsur prasyarat pengarusutamaan gender untuk digunakan dalam upaya pelaksanaan pengarusutamaan gender nantinya.

Ia menjelaskan, untuk menghasil profil tersebut, panitia mengundang narasumber dan peserta dari berbagai unsur. Peserta yang diundang sebanyak 18 orang yang terdiri dari tenaga kependidikan, perwakilan ICT, pustakawan, kepegawaian, keuangan, unsur mahasiswa dan juga dosen.

Sementara narasumber yang mendampingi workshop tersebut antara lain, Rasyidah yang merupakan tim teknis sistem informasi gender dan anak (SIGA) Provinsi Aceh. Nursiti, dari Fakultas Hukum Unsyiah, dan Nashriyah.[]

 

EDITOR : RAHMAT TRISNAMAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *