UIN Ar-Raniry Beri Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa

oleh -130 views
Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia Provinsi Aceh, Thasrif Murhadi, salah seorang narasumber pada Seminar Pendampingan dan Pengembangan Mutu bagi Mahasiswa dilingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, menyampaikan materi tentang peluang dan tantangan dalam meniti karir di era industri 4.0, Rabu 25 September 2019 di Aula LPM UIN Ar-Raniry. (BASAJAN.NET/NAT RIWAT)

BASAJAN.NET, Meulaboh – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh untuk pertama kalinya menggelar seminar pendampingan dan pengembangan mutu bagi mahasiswa di lingkungan kampus tersebut. Kegiatan berlangsung 16-28 September 2019, di Aula LPM, Gedung ICT Center UIN Ar-Raniry, Kopelma Darussalam.

Kepala Pusat Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa (PPMM) LPM UIN Ar-Raniry, Jailani, Rabu 25 September 2019 mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan agar mahasiswa dan alumni UIN Ar-Raniry dapat mengenal dengan baik peluang kerja yang akan dilamar dengan berbagai disiplin ilmu yang telah dimilikinya.

“Apalagi menghadapi era revolusi industri 4.0, di mana semakin hari semakin menantang,” ujarnya.

Menurutnya, setiap alumni dari berbagai fakultas di UIN Ar-Raniry akan bekerja di berbagai lembaga atau instansi, dengan peluang dan tantangan berbeda. Untuk itu, mereka perlu diberi pembekalan bagaimana memulai dan melihat peluang, hingga seluruh proses yang harus dilalui.

Dengan adanya pembekalan ini, diharapkan alumni UIN Ar-Raniry memiliki kemampuan untuk melihat peluang dan memiliki visi yang yang baik dalam membuat CV, terutama melihat peluang kerja selain yang disediakan oleh pemerintah.

“Banyak hal yang harus diperhatikan dalam melamar kerja, dimulai dari melihat peluang, membuat curriculum vitae (CV), berpenampilan menarik, cara mengikuti wawancara, serta hal lain dalam rangkaian proses penerimaan tenaga kerja,” kata Jailani.

Jailani menyebutkan, kegiatan yang berlangsung sembilan hari tersebut, diikuti 360 peserta, yang diwakili 40 orang setiap fakultas. Pembekalan di masing-masing fakultas dilaksanakan sehari, dibimbing oleh seorang narasumber rekomendasi masing-masing fakultas, sesuai dengan bidang dan disiplin ilmu.

Adapun narasumber yang diundang dari berbagai instansi atau lembaga, antara lain Dekan FKIP Unsyiah, Jufri. Safrizal Soufyan dari Sun Life Syariah Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny. Dosen psikologi Unmuha Winda Putri Diah Restya. Saifullah Muhammad dari ARC Unsyiah.

KepalaPusat Pengembangan dan Hilirisasi Inovasi, Muhammad Dirhamsyah. Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia Provinsi Aceh, Thasrif Murhadi, dan Muhammad Hamzah. []

EDITOR: RAHMAT TRISNAMAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *