Mahasiswa UIN Ar-Raniry Asah Skill Desain Grafis

oleh -195 views
Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti pelatihan desain grafis, Sabtu 14 September 2019. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Guna membekali skill dalam menghadapi dunia kerja di era digital, mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Raniry dilatih desain grafis.

Pelatihan yang diadakan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Ekonomi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry tersebut,  berlangsung 14-15 September 2019, di perpustakaan kampus setempat. Menghadirkan narasumber sekaligus instruktur tunggal dari Aceh Library Consultant (ALC), yang juga CEO Rahmatal Design Corporation, Rahmatal Ambiya.

Ketua pelaksana, Reva Nanda mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan memberdayakan mahasiswa khususnya Prodi Ekonomi Syariah, dalam mengembangkan kreativitas dan peningkatan skill dalam desain grafis. 

“Mengingat semakin banyaknya pelaku usaha yang memerlukan jasa desain grafis,” ujar Reva dalam siaran pers kepada wartawan, Sabtu, 14 September 2019.

Reva menyebutkan, kegiatan tersebut diikuti 29 peserta  dari mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah dan mahasiswa lainnya dari UIN Ar-Raniry. Selama kegiatan, peserta akan dilatih dasar-dasar desain grafis menggunakan software CorelDraw. 

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FEBI UIN Ar-Raniry, Analiansyah mengatakan, perguruan tinggi saat ini dituntut tidak hanya membekali para mahasiswanya dengan ilmu pengetahuan dan keahlian teknis yang berhubungan dengan disiplin ilmunya. Namun juga pengembangan soft skill.

Analiansyah menyampaikan, saat ini instansi pemerintah maupun swasta, tidak lagi melihat tingginya IPK dalam merekrut pegawai. Melainkan aspek pendukung, seperti keterampilan khusus di bidang tertentu.

“Era sekarang ini, mereka butuh SDM yang siap pakai,” ujarnya.

Menurutnya, pelatihan desain grafis yang dilaksanakan mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah akan berguna dalam menjawab tantangan kerja ke depan. Terlebih, skill desain grafis merupakan kebutuhan dunia kerja di era digital.

 “Semoga para peserta memiliki kemampuan tambahan, berupa keterampilan desain grafis, sehingga mampu menciptakan peluang lapangan pekerjaan sendiri,” harap Analiansyah.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *