Kemah Kreatif Ala Dosen UTU

oleh -254 views
Dosen Universitas Teuku Umar mengikuti kemah kreatif SDM UTU 2019 bagi ASN, 13-15 September 2019. (BASAJAN.NET/ADUWINA)

BASAJAN.NET, Aceh Jaya- Guna memantik ide-ide kreatif dalam pengembangan tri dharma perguruan tinggi, Universitas Teuku Umar mengadakan kemah kreatif bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), di Pantai Lhok Geulumpang, Kabupaten Aceh Jaya.

“Dosen UTU harus menjadi agen pengembangan tri dharma perguruan tinggi. Baik di bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian,” ujar Rektor UTU Jasman J Ma’ruf saat membuka kemah kreatif SDM UTU 2019 bagi ASN, Jumat, 13 September 2019.

Kegiatan yang berlangsung hingga Minggu, 15 September 2019 tersebut, diikuti 150 ASN UTU, terdiri dari 120 dosen dan 30 tenaga kependidikan sebagai panitia. 

Jasman menekankan, dosen UTU jangan hanya fokus untuk mengajar, tapi juga melakukan pengembangan diri dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sehingga, dengan adanya karya-karya kreatif dan inovatif,  visi UTU untuk menjadi sumber inspirasi dan referensi dapat terwujud.

“Jika ada dosen UTU malas melakukan penelitian, maka dia pantas disebut guru kecil,” tegasnya.

Sementara itu, penanggung jawab kegiatan, Wakil Rektor 3 UTU,  Mursyidin berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi media dan wadah bagi dosen muda UTU untuk saling berinteraksi, berdiskusi dan menghasilkan ide-ide kreatif. 

Mursyidin menjelaskan, kemah kreatif SDM UTU 2019 khusus diperuntukkan bagi ASN dosen angkatan 2017 dan 2018. 

Adapun materi kemah kreatif SDM UTU 2019, yaitu SDM merenung melalui diskusi kelompok, kultum kreatif, senam pagi kreatif, outbound kreatif, api unggun kreatif dan bersih pantai. 

Selain itu, para peserta dibagi dalam delapan kelompok, masing-masing kelompok diberikan tema untuk menggali ide-ide dan menyusun daftar gagasan terkait program kreativitas mahasiswa. Kegiatan ini direncanakan akan menjadi agenda rutin tahunan UTU.[]

 

WARTAWAN: NURKHALIS

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *