Dekan Fikom Unpad Isi Seminar Komunikasi di Pasca UIN Ar-Raniry

oleh -115 views
Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat, Dadang Rahmat Hidayat sedang mengisi seminar komunikasi di Ruang Sidang Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, Senin 16 September 2019. (BASAJAN.NET/VANI/NAT)

BASAJAN.Net, Banda Aceh – Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat, Dadang Rahmat Hidayat, mengisi seminar komunikasi di Ruang Sidang Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, Senin 16 September 2019.

Acara yang diselenggarakan oleh Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Pascasarjana UIN ini mengangkat tema Media Massa dalam Konteks Keindonesiaan.

Mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia ini, menyinggung banyaknya problem bangsa ini di antara masalahnya adalah problem komunikasi. “Banyak problem bangsa ini menurut pandangan saya di antaranya adalah problem komunikasi,” ujar Dadang.

Dadang memaparkan, jika berbicara kebangsaan itu berarti dalam konteks idealnya membicarakan unity, kebersamaan, persatuan, kedamaian, dan lain sebagainya. Maka ketidakharmonisan sebuah institusi, komunitas, wilayah bisa mengganggu keutuhan sebuah bangsa. Ia meyakini ketidakharmonisan ini timbul dari problem komunikasi.

“Gagal berkomunikasi membuat gagal paham, dalam tatanan hidup bermasyarakat gagal berkomunikasi membuat gagal sosial, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, gagal berkomunikasi membuat gagal bernegara dan berbangsa,” kata Dadang yang juga Ketua ISKI Pusat.

Sehingga diharapkan, komunikasi kebangsaan ini tujuannya adalah harmonisasi dari perbedaan-perbedaan yang ada. Dalam konteks seperti ini sudah saatnya insan komunikasi, praktisi-praktisi komunikasi berbicara dan melihat jauh ke luar bagaimana komunikasi itu menjadi kemanfaatan, menjadi suatu kemaslahatan bagi masyarakat dan bangsa ini.

“Kemaslahatan komunikasi sangat penting dalam membangun dan menciptakan karakter komunikasi yang sehat agar dapat mencegah disintegrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini menjadi tantangan tersendiri,” tutur Dadang yang pernah menjadi Reporter TV ini.

Dadang juga optimis jika komunikasi sehat, tidak akan terjadi disintegrasi sosial namun justru dapat mencerdaskan kehidupan bangsa. Serta menjadi modal dalam membangun bangsa yang lebih maju.

Kondisi ini menuntut perspektif terbuka bagi setiap insan maupun para pemangku kepentingan, seraya membangun harmonisasi komunikasi dalam berbagai aspek.

Sementara itu, Ketua Prodi KPI Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Abdul Rani Usman menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kesediaan Dekan Unpad ini, Dadang Rahmat Hidayat untuk berbagi ilmu dengan mahasiswa KPI di Banda Aceh.

“Beliau salah seorang role models, ruh, praktisi, dan akademisi Komunikasi di Indonesia ini. Hari ini suatu kehormatan besar bagi saya dan kita selaku akademisi yang bergelut di bidang komunikasi dengan kesediaan beliau untuk datang jauh-jauh guna memenuhi undangan saya,” tutup Abdul Rani.

Rani Usman menambahkan, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari pada dosen dan mahasiswa KPI pascasarjana UIN Ar-Raniry, dosen Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, serta mahasiswa S1 komunikasi UIN Ar-Raniry dan Unsyiah.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *