Atlet Anggar Sumatera Adu Pedang di Banda Aceh

oleh -160 views
Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin Abu Bakar, saat menguji Atlet Anggar pada pembukaan kejuaraan Sirkuit Anggar se-Sumatera Tahun 2019, Rabu 4 September 2019, di GOR KONI Aceh, Banda Aceh. (BASAJAN.NET/KAHAR)

BASAJAN.NET, Banda Aceh– Puluhan atlet dari berbagai provinsi di Sumatera beradu kemampuan memainkan pedang dalam kejuaraan Sirkuit Anggar se-Sumatera Tahun 2019. Kegiatan yang berlangsung 4-8 September 2019, di GOR KONI Aceh, Banda Aceh ini, merupakan event kerjasama Kemenpora RI, KONI Aceh dan IKASI Aceh.

Ketua Umum IKASI Aceh, M. Nasir Syamaun, dalam keterangan tertulisnya kepada awak media menyampaikan, Sirkuit Anggar Se-Sumatera tahun 2019 ini diikuti oleh perwakilan dari empat provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Selatan.

Total atlet yang berpartisipasi dalam kejuaraan kali berjumlah 79 orang yang akan bertanding di 12 nomor.

“Sejatinya, Jambi juga ikut serta dalam event ini, namun batal hadir dikarenakan satu dan lainnya,” ujar M. Nasir.

Ia menjelaskan, Sirkuit Anggar Se-Sumatera merupakan agenda resmi hasil kesepakatan Pengprov IKASI Se-Sumatera beberapa waktu lalu. Seluruh Pengprov IKASI Se-Sumatera juga menyepakati, pelaksanaan Sirkuti Anggar Se-Sumatera untuk yang pertama digelar di Aceh. 

“Kita juga mengupayakan agar event ini menjadi kalender resmi PB IKASI,” kata M. Nasir, yang juga Sekum KONI Aceh.

Sementara itu, Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin Abu Bakar, menyambut baik atas terselenggaranya Sirkuit Anggar se-Sumatera Tahun 2019. Terlebih  kejuaraan tersebut dilaksanakan berdekatan dengan event Pra-PON dan Porwil 2019. 

Menurutnya, selain sebagai ajang silaturrahmi para atlet anggar se-Sumatara, khususnya bagi Aceh, event ini juga menjadi pemanasan menuju Pra-PON 2019 dan PON Papua tahun 2020.

Pria yang akrab disapa Abu Razak ini menyampaikan, KONI Aceh sangat mendukung kejuaraan-kejuaraan yang dilaksanakan setiap cabang olahraga untuk mengasah kemampuan atlet.

“Terimakasih kepada Pengprov IKASI Aceh yang telah bersusah payah untuk menghadirkan kegiatan ini,” ucap Abu Razak.

 

Aceh Juara Umum

Kontingen Aceh berhasil keluar sebagai juara umum pada ajang Sirkuit Anggar Se-Sumatera Tahun 2019. Pada turnamen tersebut, kontingen Aceh berhasil mengumpulkan empat medali emas, dua perak dan empat perunggu. Di posisi kedua, ketiga dan keempat ditempati oleh Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Selatan yang masing-masing meraih dua medali emas.

“Sesuai target, Alhamdulillah Aceh juara umum,” kata Ketua Umum IKASI Aceh, M. Nasir, Sabtu 7 September 2019.

Keseluruh atlet tim Aceh yang berjumlah 10 orang, kata Nasir, merupakan atlet binaan yang selama ini tergabung dalam program Pemusatan latihan daerah (Pelatda) Pra-PON KONI Aceh Tahun 2019.  

“Kita tetap akan melakukan evaluasi untuk persiapan yang lebih matang menuju Pra-PON,” kata M. Nasir, mengomentari hasil yang diraih tim anggar Aceh. 

Pra-PON cabang anggar akan dilaksanakan pada Oktober mendatang di Semarang, Jawa Tengah.

Empat medali emas kontingen Aceh pada Sirkuit Anggar Se-Sumatera Tahun 2019 diraih pada nomor floret beregu putra (Erwan Tona, Yudi Anggara Putra, Zaidil Almuqaddim), floret individu putra (Yudi Anggara Putra), sabel individual putri (Ummi Nadra), dan deagen beregu putra (Ody Tasmara, Razaq Barry, serta Teuku Rezky).

 

Daftar Lima Besar Perolehan medali

Aceh: 4 emas, 2 perak dan 4 perunggu.

Sumut: 2 emas, 2 perak dan 5 perunggu.

Riau: 2 emas dan 2 perak.

Sumsel: 2 emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Lhokseumawe: 1 perak dan 3 perunggu.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *