UTU Beri Penguatan Karakter Mahasiswa Baru

oleh -190 views

BASAJAN.Net, Meulaboh – Universitas Teuku Umar (UTU) memberikan penguatan karakter bagi mahasiswa baru, Sabtu 17 Agustus 2019, di masjid kampus setempat.

Penguatan karakter merupakan salah satu materi yang diberikan pihak kampus pada ajang silaturahmi mahasiswa baru (SIMBA). Adapun materi diisi oleh Kamil Syafruddin, alumni Al Azhar Mesir.

Kamil menyampaikan, menjadi mahasiswa merupakan fase baru dari perjalanan kehidupan. Fase tersebut merupakan masa penting dalam menemukan jati diri, sekaligus nantinya akan berpengaruh besar pada perubahan karakter, watak dan kepribadian mahasiswa.

“Masa ini memiliki peranan penting dan pengaruh besar terhadap perubahan dalam kehidupan seseorang,” ujarnya, di hadapan 1.600 mahasiswa baru UTU.

Ia melanjutkan, Islam mengajarkan pemuda untuk mampu mandiri dan memiliki karakter dan kepribadian yang kuat, serta mampu membawa perubahan terhadap masa depan setiap manusia dan alam sekitarnya.

Adapun kepribadian yang harus dimiliki oleh tiap mahasiswa yaitu, salimul aqidah/good faith (mengenal pencipta dan yang diciptakan). Shahihul ibadah/sebagai benteng diri dari ajaran yang menyimpang. Independen, yaitu mampu menghidupi dirinya dan tidak bergantung dengan orang lain. Berfikir kreatif dan brilian (tidak asal ikut ikutan), dan bermanfaat bagi orang lain.

“Semoga ke depan, seluruh mahasiswa baru UTU betul-betul menjadi mahasiswa yang berakhlakul karimah dan menjadi lulusan yang bermanfaat bagi agama, bangsa dan negara Republik Indonesia,” harap Kepala KUA Kecamatan Meureubo ini.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Mursyidin mengatakan, kesuksesan seseorang bukan hanya dengan kepintaran dan nilai yang tinggi saja, namun harus dibarengi etika dan berkarakter mulia.

“Adik-adik semua, sekarang sudah masuk ke dunia baru yaitu dunia penuh kreatif dan inovatif bagi mahasiswa,” ungkap Mursyidin.

Ia mengatakan, selama proses perkuliahan nantinya kreativitas dan inovasi yang dimiliki mahasiswa dapat dikembangkan melalui organisasi kemahasiswaan, yaitu Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM).

“UTU sudah memiliki 18 PKM, antaranya UKM Silat, Hamalatul Quran, Tarantula, PK, Seni dan Tari, Tarung Derajat dan lainnya,” katanya.[]

 

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL
EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *