Pramuka Kegiatan Wajib di Madrasah

oleh -50 views

BASAJAN.NET, Meulaboh- Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan tingkat dasar dan menengah, yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Daud Pakeh, pada malam resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 58 Satuan Komunitas Pramuka Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, di Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Aceh Barat, Jumat, 30 Agustus 2019 malam.

Daud Pakeh menyampaikan, pendidikan kepramukaan merupakan proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia. Nilai-nilai penghayatan dan pengamalan kepramukaan harus diberikan bagi siswa di satuan pendidikan tingkat dasar (SD/MI), tingkat menengah pertama (SMP/MTs), dan tingkat menengah atas (SMA/MA), serta menengah kejuruan (SMK/MAK).
Menurutnya, secara konstitusional, pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab,” sambungnya.

Daud Pakeh mengungkapkan, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, akan menggerakkan dan mengaktifkan kembali kegiatan kepramukaan pada madrasah di seluruh Aceh. Pihaknya akan menginstruksikan seluruh Kakankemenag untuk melaksanakan peringatan HUT Pramuka setiap tahunnya.

“Mudah-mudahan sesuai dengan moto kita, madrasah hebat, madrasah bermartabat,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar menyebutkan, HUT Pramuka ke 58 diikuti 840 siswa madrasah. Terdiri dari 180 siswa tingkat siaga/MI, 400 siswa tingkat penggalang/MTs, dan 160 siswa tingkat penegak/MA. Kegiatan ini akan berlangsung sejak 30 Agustus sampai 1 September 2019.

Khairul mengatakan, kegiatan perkemahan tersebut dimeriahkan dengan berbagai perlombaan. Untuk tingkat Siaga/MI diadakan lomba azan, hafal ayat pendek, makan kerupuk, mewarnai, membawa bola dengan sendok, menyusun gambar, lari goni apel siaga dan sayonara.

Sedangkan untuk tingkat Penggalang/MTs antaranya, P3K, menaksir, peraturan baris berbaris (PBB), kompas Pramuka, pionering, peta pita, dan semaphore. Selain itu juga diisi dengan orasi ilmiah dari Kapolres Aceh Barat dan Dandim 0105 Aceh Barat.

Malam resepsi HUT Pramuka ke 58, turut dimeriahkan penampilan tari peumulia jame dari siswa MTsN 3 Aceh Barat. Tari kreasi baru dari Siswa MAN 1 Aceh Barat, Rapai Geleng Siswa MTsN 2 Aceh Barat, puisi dari siswa MTsN 3 Aceh Barat, dan atraksi marching band dari siswa MAN 1 Aceh Barat.[]

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL
EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *