Siswa Aceh Barat Ikut Pentas PAI

oleh -39 views

BASAJAN.Net, Meluaboh – Sebanyak 301 siswa sekolah umum di Kabupaten Aceh Barat mengikuti Pekan Keterampilan dan Seni (Pentas) Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat Kabupaten Aceh Barat.

Kegiatan yang berlangsung hingga 22 Agustus 2019 tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat, Ridwan Yahya di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat, Rabu 21 Agustus 2019.

Kepala Seksi PAI, Iswandi menyebutkan, 301 siswa tersebut terdiri dari 102 siswa Sekolah Dasar (SD), 110 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 89 siswa lainnya dari Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) di Kabupaten Aceh Barat.

“Alhamdulillah peserta di tahun ini lebih meningkat dari Pentas PAI sebelumnya,” ungkapnya.

Iswandi menjelaskan, event bergengsi hingga ke tingkat nasional tersebut memperlombakan beberapa cabang perlombaan, yaitu Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) putra dan putri (tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK). Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) putra dan putri (tingkat SD dan SMP).

Kemudian Lomba Pidato PAI (LPP) putra dan putri (tingkat SD dan SMP). Lomba Cerdas Cermat PAI (LCCP), (tingkat SD dan SMP). Lomba Kaligrafi Islam (LKI) putra dan putri (tingkat SMP). Lomba Seni Nasyid (LSN), (tingkat SMA/SMK), dan Lomba Debat PAI (tingkat SMA/SMK), dan Lomba Kreasi Busana (LKB).

“Sementara cabang Cerita Remaja Islam (Ceris), para peserta langsung mengirimkan naskah cerita ke pihak nasional untuk diseleksi,” jelasnnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar mengatakan,

Mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah Kabupaten Aceh Barat yang telah berkontribusi dan mendukung pelaksanaan Pentas PAI dengan baik.

“Dukungan kita semua sangat diperlukan untuk menyukseskan kegiatan ini,” ucap Khairul Azhar saat memberikan sambutan pada pembukaan Pentas PAI Kabupaten Aceh Barat.

Khairul Azhar menambahkan, siswa yang mempunyai prestasi yang memiliki bakat dan minat, terutama di cabang-cabang pendidikan agama perlu diberi dukungan dan memberikan bimbingan, sehingga menjadi siswa yang bermutu dan berkualitas.

Kakankemenag mengajak kepada seluruh Kepala Sekolah di Aceh Barat, agar menjadikan event Pentas PAI tersebut sebagai ajang untuk meningkatkan prestasi para siswa.

“Kalau hari ini kita lebih fokus untuk meningkatkan otak kiri, tetapi melalui lomba seperti ini kita menginginkan bagaimana kita bisa mengasah otak kanan anak-anak kita,” ucapnya.

Lebih lanjut Khairul Azhar menyampaikan, bahwa siswa yang meraih prestasi terbaik, nantinya akan menularkan prestasinya kepada siswa lainnya untuk mengukir prestasi dengan mengikuti event-event perlombaan.

Khairul berpesan kepada peserta Pentas PAI untuk berkompetisi dengan maksimal dan sebaik mungkin untuk menjadi juara.

“Mudah-mudahan di antara anak-anak kami nantinya akan terpilih menjadi jawarah-jawarah di tingkat provinsi dan menjadi utusan Provinsi untuk berkompetisi di tingkat nasional di Makassar,” harapnya.

Selain itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat, Ridwan Yahya mengatakan, para peserta harus mempersiapkan diri dengan baik untuk berkompetisi di even dua tahun sekali tersebut.

“Persiapkanlah dirimu dengan baik dan seksama, karena persiapan perlu dilakukan untuk tampil secara maksimal,” ucap Ridwan.

Ridwan berharap para siswa, peserta Pentas PAI Kabupaten Aceh Barat tidak hanya berkompetisi di Kabupaten dan di tingkat provinsi saja. Akan tetapi bisa bertanding di tingkat nasional.

“Selamat berjuang dan selamat mencapai juara,” pungkasnya.

Pada pembukaan Pentas PAI tersebut turut hadir, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kabupaten Aceh Barat, Ajidam. Kepala Seksi Pendidikan Pondok Pesantren, Tarmidhi, para Pengawas PAI, Para Dewan Juri, dan Para Kepala Sekolah Kabupaten Aceh Barat.

Adapun lokasi perlombaan dilaksanakan di tujuh titik, yaitu cabang MTQ dilaksanakan di Mushalla An-Nida Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat. Lomba Pidato PAI di Mushalla SMAN 2 Meulaboh. MHQ di Masjid Nurul Huda. LCC PAI di Aula Dinas Pendidikan Aceh Barat. Lomba Kaligrafi Islam di SMP Bulisc Meulaboh. Lomba Seni Nasyid di Aula PPMG Aceh Barat, dan Lomba Debat PAI dilaksanakan di Aula SMAN 4 Wira Bangsa Meulaboh.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *