Tahun Ini Aceh Barat Akan Berangkatkan 202 Jamaah Haji

oleh -6 views

BASAJAN.Net, Meulaboh- Jamaah haji yang berasal dari Kabupaten Aceh Barat tahun 2019 berjumlah 202 orang. Keseluruhan jamaah akan diberangkatkan dalam kloter gabungan BTJ 05 yang diisi beberapa kabupaten.

Adapun jamaah haji yang tergabung dalam Kloter BTJ 05 yaitu, Aceh Besar 24 orang, Aceh Barat 202 orang, Aceh Singkil 26 orang, Aceh Barat Daya 81 orang, Aceh Jaya 52 orang dan tim pemandu haji daerah (TPHD) 3 orang.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag Aceh Barat, Jakfar, Sabtu 15 Juni 2019 mengatakan, seluruh jamaah haji di kloter BTJ 05 berjumlah 388 orang.

Ia menyampaikan, jamaah haji Aceh Barat akan diberangkatkan ke Banda Aceh pada 27 Juni 2019 dan masuk ke Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh pukul 21.45 WIB. Sementara itu, pemberangkatan kloter BTJ 05 ke Mekkah dilakukan pada 28 Juni 2019 pukul 22.40 WIB.

“Sedangkan pemulangan dari Madinah ke tanah air dilakukan pada 8 September 2019 pukul 12.30 waktu setempat,” jelasnya pada saat pelatihan ketua regu dan ketua rombongan haji di Aceh Barat di aula Kemenag setempat.

Jakfar menjelaskan, ketua regu dan ketua rombongan haji berfungsi untuk mengkoordinasikan jamaah haji. Setiap ketua regu mempunyai anggota 10 jamaah haji. Sedangkan ketua rombongan membawahi empat regu, yaitu sebanyak 44 jamaah.

Jakfar berharap, tugas dan fungsi karu dan karom dapat berjalan dengan baik dan lancar serta, pelaksanaan ibadah haji dapat dijalankan dengan sempurna.

“Semoga dengan melaksanakan tugas sebagai karu dan karom haji dapat menambah amal ibadah kepada Allah SWT,” ucapnya.

Ketua panitia pelaksana pelatihan ketua regu dan ketua rombongan haji Aceh Barat Dedi Kamarlis mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pembinaan kepada ketua regu dan ketua rombongan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya pada pelaksanaan haji 27 Juli 2019 mendatang.

Pelatihan tersebut diikuti 23 peserta, terdiri dari lima ketua rombongan dan 18 ketua regu haji Aceh Barat.

Adapun pemateri pelatihan yaitu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar tentang tugas dan fungsi ketua regu dan ketua rombongan haji. Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Jakfar tentang Pengenalan lapangan di Arab Saudi. Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Tharmizi tentang pelayanan ibadah haji di embarkasi haji dan penerbangan, dan Dedi Kamarlis tentang pelayanan ibadah haji tanah air dan Arab Saudi.

Pelatihan tersebut turut dihadiri Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Fatria Dharma Asih dan Imran Samsuar.[]

 

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL
EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *