DPMG Aceh Besar Belajar Inovasi Gampong ke Pantee Lhong

oleh -18 views
Keuchik Pantee Lhong, Murizal mengenalkan inovasi tepat guna yang dikembangkan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Girmapan Gampong Pantee Lhong, Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen kepada tim studi banding Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Besar, Selasa 30 April 2019. (Foto: Istimewa).

BASAJAN.Net, Meulaboh- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Besar melakukan studi banding ke Posyantek Girmapan Gampong Pantee Lhong, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Selasa 30 April 2019.

Kasi Teknologi Tepat Guna DPMG Aceh Besar, Nurfaizah mengatakan, studi banding tersebut dimaksudkan untuk mempelajari pengembangan inovasi masyarakat sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh tiap-tiap gampong.

Menurut Nurfaizah, selama ini pihaknya banyak memenangkan even perlombaan kegiatan yang berhubungan dengan inovasi oleh masyarakat. Namun pada umumnya inovator tersebut bergerak secara personal.

“Usai kunjungan ini, nantinya kita mengharap gampong-gampong bisa membentuk Posyantek untuk kegiatan mengajar dan belajar bagi masyarakat  yang disesuaikan dengan potensi yang ada di gampong,” terangnya.

Gampong Pantee Lhong merupakan Pemenang Lomba Desa Inovasi se Kabupaten Bireuen pada tahun 2018. Pantee Lhong merupakan gampong pertama yang membentuk Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) tepat guna di Kabupaten Bireuen.

Inovator-inovator yang tergabung dalam wadah yang diketuai oleh Fauzan Amir tersebut, telah menciptakan beberapa kreasi dari potensi gampong, khususnya dalam pengelolaan limbah tanaman Giri Matang. Selain itu juga telah melatih keterampilan bagi beberapa gampong, baik di dalam kabupaten maupun di luar kabupaten Bireuen.

“Kami sangat berterima kasih dan tersanjung dengan adanya kunjungan ini. Semoga bisa menjadi semangat baru bagi kami dalam berinovasi dan bisa sinergis dengan gampong-gampong di Kabupaten Aceh Besar dalam pembentukan dan pengelolaan Posyantek,” ujar Keuchik Pantee Lhong, Murizal.

Pertemuan yang berlangsung di Meunasah Gampong Pantee Lhong tersebut, membicarakan proses pembentukan Posyantek, pengelolaan, penganggaran dan pelayanan informasi, hingga manfaat yang diterima oleh masyarakat.

Selain itu, tim studi banding juga diperlihatkan hasil kreasi dan produk inovasi yang telah dibuat oleh Posyantek Girmapan Pantee Lhong. Turut didampingi Kasi dan Kabid Teknologi Tepat Guna DPMG Kabupaten Bireuen dan Tenaga Ahli TTG P3MD Bireuen.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *