Tiga Cara Menjadi Pemilih Cerdas

oleh -28 views
Komisioner Komisi Independen Pemilu (KIP) Aceh, Akmal Abzal saat sosialisasi Pemilu 2019 di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh melalui program KIP Goes to Campus, Sabtu 13 April 2019. (BASAJAN.Net/Siti Aisyah)

BASAJAN.Net, Meulaboh – Menjelang H-4 pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019, Komisioner Komisi Independen Pemilu (KIP) Aceh, Akmal Abzal beri tiga tips untuk menjadi pemilih pemula cerdas.

Hal tersebut disampaikan saat melakukan sosialisasi KIP Goes to Campus di aula Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Sabtu 13 April 2019.

Akmal Abzal menjelaskan, tips yang pertama yakni, sebelum menentukan kandidat (calon eksekutif dan legislatif) yang ingin dipilih, sebaiknya pemilih harus melakukan cek dan ricek atau tabayyun terlebih dahulu.

Tips kedua, setelah mendapatkan kandidat yang tepat, seorang pemilih harus memastikan bahwa namanya telah terdaftar pada daftar pemilih. Selanjutnya tips yang ketiga, penting untuk seorang pemilih untuk mampu mewaspadai berita-berita hoax.

“Berita hoax telah mengalahkan informasi pemilu. Jadi kita harus mencari tahu setiap informasi yang didapatkan,” ujar Akmal.

Sementara itu Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah mengatakan, ada dua hal yang membuat pemilih pemula harus cerdas dalam menentukan suara. Pertama, jumlah pemilih pemula terbilang banyak, secara tidak langsung akan mempengaruhi jumlah suara terbanyak.
Kedua, pemilih pemula sangat menentukan kemajuan bangsa dan negara.

“Pemilih pemula harus berpotensial dan jangan memilih karena emosional, tetapi harus dipahami visi misi dan program-program mereka,” jelas Inayatillah.

KIP Go to Campus diikuti oleh mahasiswa dan turut hadir para dosen STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize bagi lima peserta yang menjawab pertanyaan dari Ketua STAIN. []

 

WARTAWAN : SITI AISYAH
EDITOR : RAHMAT TRISNAMAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *