Tim Peduli Masjid Aceh Barat Serahkan Bantuan ke Sikundo

oleh -6 views

BASAJAN.Net, Meulaboh – Tim Peduli Masjid Kabupaten Aceh Barat menyerahkan bantuan kepada masjid yang ada di Gampong Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Selasa 12 Februari 2019.

Program Peduli Masjid tersebut dikomandoi Kapolres Aceh Barat bersama Kantor Kementerian Agama Aceh Barat, PLN dan DPRK Aceh Barat.

Kapolres Aceh Barat, Raden Bobby Aria Prakasa mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk memakmurkan Masjid dengan memberikan beberapa bantuan kelengkapan Masjid di Gampong Sikundo, yakni Mesin Genset, Toa, beberapa Gulung Sajadah, Alquran, Kipas Angin dan beberapa perlengkapan lainnya.

Lebih lanjut Bobby menjelaskan, selain memberikan bantuan, tim kunjungan tersebut juga melakukan survei untuk pemasangan listrik yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Tim dari PLN beserta beberapa anggota lainnya sudah mensurvei lokasi pemasangan. Diusahakan pada bulan Juni 2019 masyarakat sudah bisa menggunakan listrik,” ungkapnya.

Jarak tempuh perjalanan menuju Gampong Sikundo yang terletak di Perbatasan Aceh Barat dan Nagan Raya tersebut memakan waktu 3 jam dari Pusat Kota. Dengan rintangan jalanan yang masih berbatuan dan berlumpur serta mendaki pergunungan yang bisa membahayakan pengemudi, namun tim Polisi Peduli Masjid tetap bersemangat untuk mengunjungi Gampong Sikundo.

Kepala Kantor Kemenag Aceh Barat, Khairul Azhar mengatakan, pihaknya akan terus memberikan dukungan dan bantuan untuk membangkitkan agama.

Khairul menambahkan, Kantor Kementerian Agama sudah menugaskan Penyuluh Agama Islam di Gampong Sikundo untuk mengaktifkan aktivitas di Masjid.

Khairul berharap kepada Penyuluh Agama Islam untuk mengaktifkan shalat berjamaah lima waktu di Masjid, menjalankan Majelis Taklim, serta menjalankan aktivitas keagamaan lainnya.

“Kami siap mendukung dan memberikan bantuan untuk berjalannya kegiatan keagamaan,” ungkapnya.

Sementara itu Manager UP3 PLN Meulaboh, Ediwan mengatakan, pihaknya akan menyanggupi harapan masyarakat terkait pembangkit listrik di Gampong Sikundo.

Ediwan menjelaskan, pihaknya sedang melakukan survei di daerah tersebut untuk pemasangan tiang listrik.

“Kami membutuhkan bantuan masyarakat untuk pemasangan tiang dan kabel listrik, karena harus membersihkan ranting-ranting pohon agar tiang bisa dipasang,” ungkapnya.

Ediwan menargetkan, listrik di Gampong Sikundo akan terpasang pada Juni 2019.

Gampong Sikundo yang memiliki penduduk sebanyak 138 jiwa memiliki banyak keterbatasan infrastruktur, seperti halnya jalan alternatif menuju ke Gampong tersebut masih
berbatu dan di beberapa bagian banyak berlumpur dan berlobang. Selain itu masyarakat di Gampong tersebut juga tidak bisa menggunakan alat komunikasi, dikarenakan sinyal/jaringan tidak terjangkau.

Keuchik Sikundo Jauhari mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Tim Polisi Peduli Masjid.

Jauhari berharap di daerah yang Ia pimpin untuk diakukan pembenahan infrastruktur.

“Alhamdulillah listrik akan dipasang di sini, dan kami juga membutuhkan jaringan untuk berkomunikasi,” harapnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *