Dua Puluh Dua Warga Nias Masuk Islam

oleh -9 views

BASAJAN.Net, Meulaboh – Dua puluh dua warga Nias, Provinsi Sumatera Utara, resmi memeluk Islam, Senin 28 Januari 2019.

Pensyahadatan dilakukan oleh Teungku Adami dan Teungku Rafai di Masjid Asyurah, Gampong Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Turut disaksikan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Barat, Abdurrani Adian, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar. Kapolres Raden Bobby Aria Prakasa. Perwakilan Kodim 0105 Aceh Barat, Ketua Baitul Mal Aceh, Kepala KUA Kecamatan Johan Pahlawan, Furqan. Keuchik Seuneubok, Nazaruddin, serta sejumlah masyarakat.

Ketua Panitia Pelaksana, Sofyan Yusuf yang juga menjabat sebagai Tuha Peut Gampong Seuneubok secara rinci menjelaskan, Dua puluh dua warga tersebut yakni, Darman Zalukhu, Yusmar Zalukhu, Siti Linar Harefa, Melizaro Harefa, Senimar Harefa, Putri Harefa, Famoni Harefa, Timeria Zalukhu, Ofoneo Mandrofa.

Selanjutnya Deniwati Arefa, Fenaman Zalukhu, Nitaria Zanara, Kurniawan Zalukhu, Ferdin Zalukhu, Seffian Abigail, M Farhan Zalukhu, Andra Karisman Zalukhu, Noverman Zalukhu, Ferisman Zalukhu, Epan Marwati Zalukhu, Adenince Zalukhu, Niskar Zalukhu.

“Sedangkan Satu orang lainnya yakni Yufensius Halawa yang sebelumnya ingin mengikuti prosesi syahadat, namun belum bisa hadir, dikarenakan masih berkomunikasi dengan keluarga,” ungkap Sofyan.

“Sementara itu Keuchik Seuneubok, Nazaruddin mengatakan, sebelumnya Pembina Mualaf Aceh Barat meminta pihak Gampong Seuneubok untuk dapat memfasilitasi prosesi syahadat tersebut. Hal itu disambut baik oleh Pemerintah Gampong setempat untuk memfasilitasi lima keluarga asal Nias untuk memenuhi keinginan dan kesediaannya untuk memeluk Islam.

Nazaruddin menambahkan, para mualaf tersebut merupakan perkerja di sebuah Perusahaan Perkebunan di Kecamatan Babah Rot, Kabupaten Aceh Barat Daya.

“Mereka dijemput langsung oleh Persaudaraan Mualaf Aceh Barat di Aceh Barat Daya untuk mengikuti prosesi ini,” ungkapnya.

Selain itu mualaf tersebut juga akan dilakukan pembinaan dan bimbingan yang berkenaan dengan hukum-hukum Islam.

Usai prosesi syahadat juga dilakukan penyerahan bingkisan oleh Baitul Mal Aceh dan peusijuk Mulia Jamee yang dilakukan oleh Ketua MPU Aceh Barat, Abdurrani Adian, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar, Ketua Baitul Mal Aceh, Imum Chik Gampong Seuneubok, Tuha Peut Gampong Seuneubok.

Kepala Kankemenag Aceh Barat, Khairul Azhar menyambut baik terhadap prosesi syahadat tersebut.

“Ini merupakan suatu kebanggaan untuk kita selaku umat Muslim. Semoga ke depan semakin banyak orang yang mendapatkan hidayah dari Allah SWT,” ucap Khairul.

Khairul menambahkan, mualaf tersebut juga harus  dibina dan dibimbing terus menerus dengan baik. “Hal ini juga salah satu tugas Penyuluh Agama Islam dalam membimbing, membina dan mensyiarkan Islam,” tutupnya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *