Elemen Sipil Aceh Barat Serahkan Rp 17 Juta untuk Palu

oleh -28 views
Koordinator Relawan Civil Society Aceh Barat Peduli Palu, Aminullah menyerahkan secara simbolis sumbangan untuk korban gempa dan tsunami Palu kepada Kepala Pelaksana BPBA T Ahmad Dadek, Selasa 16 Oktober 2018, di Warung Kupi Atjeh Meulaboh. Dana bantuan sebesar Rp 17 Juta tersebut hasil sumbangan masyarakat Aceh Barat yang terkumpul sejak 1-15 Oktober 2018. (Basajan.net/Istimewa)

BASAJAN.Net, Meulaboh- Elemen Masyarakat Sipil Aceh Barat menyerahkan bantuan sebesar Rp 17 Juta untuk korban gempa dan tsunami Donggala Palu, Sulawesi Tengah. Bantuan kemanusiaan tersebut disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), yang diterima langsung Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA T Ahmad Dadek, Selasa 16 Oktober 2018, di Warung Kupi Atjeh Meulaboh. Turut disaksikan Dekan Fisip UTU Mursyidin Zakaria, Zulyadi Miska dari STAIN Meulaboh serta relawan peduli Palu.

Elemen Masyarakat Sipil Aceh Barat merupakan gabungan beberapa organisasi kemasyarakatan, pemuda, mahasiswa dan siswa, seperti SOMBEP, ASoH, SuLing Hutan, BEM Nusantara, Forum KMBSA, PMR, OSIS MAN Meulaboh, BIMC dan lembaga lainnya, telah membuka Posko Peduli Palu sejak tanggal 1 Oktober 2018.

Koordinator Relawan Civil Society Aceh Barat Peduli Palu, Aminullah mengatakan, sejak penggalan dana dilakukan hingga penutupan posko, Senin, 15 Oktober 2018 malam, pihaknya berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 17.027.800, dari sumbangan masyarakat Aceh Barat.

“Alhamdulillah dana sebanyak itu berhasil kita Galang berkat kerja keras semua relawan. Baik yang turun ke jalan maupun yang menghubungi jaringan kerja. Ini semua tak terlepas dari kepedulian Masyarakat Aceh Barat yang pernah mengalami bencana 2004 silam,” ujar Aminullah yang juga sekretaris SOMBEP.

Ia berharap, bantuan amal masyarakat Aceh Barat dapat membantu mengurangi beban korban gempa dan tsunami di Palu. “Dan makin semangat dalam melanjutkan hidup,” ungkapnya.

Kepala Pelaksana BPBA T Ahmad Dadek menyampaikan terima kasih atas kepedulian Masyarakat Aceh Barat yang telah menyisihkan rezeki guna membantu korban bencana di Sulawesi Tengah.

“Terima kasih kepada Civil Society Aceh Barat yang telah mempercayakan BPBA sebagai wadah untuk meneruskan bantuan ini. Insya Allah kita laksanakan dengan baik,” ujarnya.

Menurut Dadek, Pemerintah Aceh bersama masyarakat berencana membangun masjid di Palu dengan biaya mencapai Rp 1 Miliar. Jika ada masyarakat yang ingin berkontribusi, dapat menghubungi BPBA sebagai inisiator pengumpulan bantuan.[]

 

Wartawan: Mellyan

Editor: Junaidi Mulieng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *