Tekan Angka Perceraian Kemenag Aceh Barat Buka Pusat Layanan Keluarga Sakinah

oleh -134 views
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar membuka pilot project Pusat Layanan Keluarga, Kamis 15 Juli 2021. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Guna menekan angka perceraian di Kabupaten Aceh Barat, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) di daerah itu membuka Pusat Layanan Keluarga (Pusaka) sakinah, Kamis, 15 Juli 2021.

Pusat layanan konseling keluarga tersebut, dibuka langsung Kepala Kantor Kemenag Aceh Barat, Khairul Azhar di Musala Al-Anshar, Dusun Ujong Pulo Gampong Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan.

Khairul Azhar mengatakan, pusat layanan keluarga sakinah tersebut sangat berguna untuk mengurangi angka perceraian yang saat ini semakin meningkat.

Berdasarkan data tahun 2019, kasus perceraian di Aceh mencapai 648 kasus, dan tahun 2020 mencapai 690 kasus. Sementara di Kabupaten Aceh Barat, menurut data Mahkamah Syar’iyah lebih kurang mencapai 400 pengaduan gugatan cerai yang diterima. Dari gugatan tersebut didominasi oleh gugatan cerai dari istri.

“Kebanyakan karena faktor ekonomi,” sambungnya.

Khairul berharap, dengan terbentuknya Pusat Layanan Keluarga Sakinah dapat meminimalisir angka gugatan perceraian di dalam masyarakat. Selain itu, ia meminta para penyuluh agama Islam dan tuha gampong untuk selalu melakukan pembinaan kepada keluarga, agar menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Aceh Barat, Jakfar mengatakan, pusat konseling tersebut merupakan pilot project yang dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Johan Pahlawan.

Jakfar menambahkan, adanya pusat layanan keluarga sakinah tersebut akan memudahkan masyarakat untuk berkonsultasi terkait masalah yang dihadapi di dalam keluarga.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.