Tentang Kami

Posted by:

Basajan.net merupakan media alternatif pemberitaan bagi masyarakat Aceh dan dunia. Media ini didirikan oleh sekumpulan anak muda kreatif yang senantiasa bekerja dengan penuh semangat tinggi, berdedikasi dan ikhlas. Para pemuda itu adalah Junaidi Mulieng, Nurul Fahmi, Ismail Arafah, Rindi Purnama Putra dan Muliadi.

Kemunculan basajan.net terinspirasi dan tersemangati untuk menciptakan satu wadah kreativitas bagi kalangan muda, khususnya Aceh Barat. Berawal dari perkumpulan komunitas kecil yang kami beri nama “BJ Community” atau “Komunitas Bungong Jaroe”, berbagai “ide-ide liar” bermunculan. Ide-ide itu membutuhkan wadah yang tepat.

Komunitas kecil ini juga mendirikan kelas penulisan untuk mengasah kemampuan menulis personil Basajan,net. Sekaligus sebagai “mesin” untuk melahirkan generasi-generasi muda berbakat dalam bidang penulisan dan media. Dengan kata lain, sebelum calon-calon jurnalis muda ini menggeluti dunia kewartawanan, mereka telah dibekali pengetahuan yang cukup. Ke depan, komunitas ini juga akan mengembangkan kelas film dan fotografi.

Komunitas kecil ini telah mampu menunjukkan kapasitasnya dalam mengelola media. Hal ini dibuktikan dengan berbagai produk media yang telah dihasilkan dari kerjasama dengan beberapa pihak. Seperti Buletin Jeungki (Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat), 2015 sampai sekarang, Tabloid Cakrawala (Majelis Pendidikan Daerah Aceh Barat), 2015 sampai sekarang dan Buletin Lentera (STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh), 2015 sampai 2016.

Tanggal 28 Februari 2017, basajan.net resmi didaftarkan pada layanan penyedia web hosting, sekaligus ditetapkan sebagai tanggal berdirinya media baru bagi masyarakat Aceh Barat dan dunia. Sebelum basajan.net, kami juga telah membidani lahirnya basajan.online yang menjuarai UTU Award 2016, kategori toko online, dengan menyisihkan peserta dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Unimal dan Universitas Teuku Umar. Nurul Fahmi sebagai perwakilan mahasiswa KPI STAIN Teungku Dirundeng kala itu, mengangkat piala pada malam penganugerahan.

Basajan.net memiliki mentor-mentor muda yang ahli di bidang jurnalistik, sastra, desain grafis dan web developer. Seperti Junaidi Mulieng, Mellyan, Nurkhalis, Saiful Amri, Ariski Septian dan Rahmat Saputra.

Visi
Berita kita untuk dunia

Misi
1. Membuka ruang kreativitas bagi generasi muda
2. Menumbuhkan jiwa kritis di kalangan muda
3. Menumbuhkan semangat wirausaha di kalangan muda
4. Mencerdaskan umat

Moto
“Bad News is Not Good News”

Segmentasi Pembaca dan Bentuk Pemberitaan
Pemberitaan di basajan.net ditujukan kepada masyarakat Aceh dan dunia. Tiap berita yang dimuat basajan.net memenuhi unsur kelayakan berita dan news value, sebagaimana ketentuan UU Pers Nomor 40 tahun 1999, kode etik jurnalistik, panduan media cyber dan pedoman dewan pers.

Selain berita, basajan.net juga memuat artikel yang dikirim masyarakat pembaca. Baik dalam bentuk artikel opini, karya sastra maupun surat pembaca. Tiap tulisan yang dikirim ke redaksi akan dimuat, setelah melewati proses seleksi sebagaimana ketentuan dan kebijakan basajan.net.