Penyuluh Agama Islam di Aceh Barat Ikut Bimtek Giat Menulis

Penyuluh Agama Islam di Aceh Barat Ikut Bimtek Giat Menulis
Kasubbag Informasi dan Humas, Muhammad Nasril sedang memberikan materi tentang Teknik Penulisan Feature dan Opini pada Bimtek Giat Menulis bagi Penghulu dan Penyuluh Agama Islam Aceh Barat di aula Kantor Kemenag Aceh Barat, Kamis 13 Juni 2019. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL).

BASAJAN.Net, Meulaboh – Penghulu dan Penyuluh agama Islam di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Giat Menulis, Kamis 13 Juni 2019.

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor setempat tersebut diikuti oleh 24 peserta dari perwakilan Kantor Urusan Agama Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, terdiri dari 12 peserta dari Penghulu dan 12 peserta lainnya dari Penyuluh Agama Islam.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar.

Ketua Panitia Bimtek, Mulyadi yang juga menjabat sebagai Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat menulis bagi penghulu dan penyuluh agama Islam di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat.

Menurutnya kebiasaan menulis di kalangan penghulu dan penyuluh di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat masih sangat kurang dan masih banyak kegiatan yang dilaksanakan belum terpublikasi dengan baik.

“Semoga bimtek ini dapat memotivasi kita untuk menulis dan mempublikasikan semua kegiatan yang dilaksanakan,” harapnya.

Lebih lanjut Mulyadi menyebutkan, kegiatan bimtek tersebut berlangsung selama satu hari penuh yang diisi oleh pemateri dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, yaitu Kasubbag Informasi dan Humas, Muhammad Nasril sebagai pemateri Teknik Penulisan Feature dan Opini dan Kasubbag Umum, Rusli sebagai pemateri teknik penulisan straight news.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar saat membuka Bimtek mengucapkan terimakasih dan mengapresiasikan para pemateri yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan materi pada kegiatan tersebut.

Selain itu Khairul mengatakan, saat ini sangat banyak berita yang dipublikasikan di sosial media yang mengandung hoax atau belum tentu kebenarannya. Dengan demikian para penghulu dan penyuluh agama Islam harus dapat mengimbangi informasi tersebut dengan baik melalui karya tulisan yang dituangkan.

Menurutnya, jika informasi hoax yang dikembangkan saat ini tidak diimbangi dengan baik, lama kelamaan informasi tersebut akan dianggap benar oleh masyarakat.

“Penghulu dan penyuluh agama Islam sebagai ujung tombak informasi. Jadi jangan takut untuk menulis,” pungkasnya.

Khairul berharap, bimtek tersebut dapat memberikan manfaat dan meningkatkan mutu penghulu dan penyuluh agama Islam di bidang penulisan.

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Jakfar. Kasi Pendidikan Madrasah, Suhadi dan Kasi Pendidikan Agama Islam, Iswandi. []

 

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan