Pemerintah Aceh Barat Beri Pelatihan Kerja Bagi Pemuda

Pemerintah Aceh Barat Beri Pelatihan Kerja Bagi Pemuda
Peserta pelatihan kerja sedang melakukan praktek pengelasan di di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Ketenagakerjaan Aceh Barat, Selasa 25 Juni 2019. Pelatihan kerja ini dimaksudkan untuk memberikan skill bagi pemuda setempat, sebagai upaya menekan angka pengangguran. (BASAJAN.NET/SITI AISYAH).

BASAJAN.Net, Meulaboh- Untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Aceh Barat, pemerintah setempat melalui Dinas Ketenagakerjaan, terus berupaya melakukan peningkatan kemampuan dan keterampilan pemudanya. Salah satunya, melalui pelatihan kerja bagi pemuda agar nantinya mampu bersaing di dunia industri.

“Hal ini kami lakukan untuk memperluas peningkatan kesempatan kerja,” ujar Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Aceh Barat, Thallea Naldy, Selasa, 25 Juni 2019.

Thallea Naldy menjelaskan, pelatihan kerja akan terus dilakukan untuk membentuk dan meningkatkan skill para pemuda di bidang teknisi. Sehingga pada saat mereka lulus dan terjun ke dunia kerja, mereka sudah memiliki sertifikat dan kemampuan.

Ia mengatakan, saat ini ada enam belas pemuda Aceh Barat yang sedang mengikuti pelatihan khusus di bidang teknisi. Mereka merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/Sederajat).

Untuk membantu pelatihan kerja, Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Aceh Barat menggandeng salah satu perusahan yang ada di daerah itu.

“Bantuan peralatan teknisi yang diberikan Perusahaan PT. Mifa Bersaudara ini sangat bermanfaat bagi kami,” kata Thallea.

Selain peralatan, pelatihan kerja yang berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Ketenagakerjaan Aceh Barat, juga dimentori langsung oleh teknisi perusahaan yang membidangi hal tersebut.

“Kita akan memberikan materi dan praktek langsung kepada para peserta. Bagaimana pengelasan dasar hingga pengelasan tinggi,” ujar Nugraha, mentor pelatihan.

Sementara itu, Miswardi, peserta pelatihan mengatakan, pelatihan kerja yang diadakan pemerintah Kabupaten Aceh Barat sangat membantu, karena skill yang diajarkan memang sangat dibutuhkan banyak orang,

“Kami sangat bersyukur  mengikuti pelatihan mulai dari pelatihan pengelasan tahap dasar hingga pelatihan pengelasan tahap C3 atau pengelasan vertikal,” ujarnya.

Ia berharap, pelatihan tersebut terus berlanjut dengan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di daerah.[]

 

WARTAWAN: SITI AISYAH

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan