Tugu Kupiah Meukeutop, Tempat Ngabuburit Sejarah di Meulaboh

Tugu Kupiah Meukeutop, Tempat Ngabuburit Sejarah di Meulaboh

BASAJAN.Net, Meulaboh- Menunggu waktu berbuka puasa bisa dilakukan dengan banyak hal, salah satunya ngabuburit. Jika kamu sedang berada di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, tak ada salahnya ngabuburit sejarah ke tugu kupiah meukeutop.

Selain destinasi wisata, tugu yang berlokasi di Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan itu juga bisa ajang edukasi sejarah bagi para pengunjung. Terutama tentang sejarah perjuangan pahlawan nasional Teuku Umar ketika melawan penjajah kolonial Belanda pada tahun 1889 silam.

Monumen itu pun sebagai pengingat bahwa di pantai Ujong Kalak tersebut, jasad Teuku Umar terbujur setelah diterjang timah panas penjajah Belanda.

“Saya senang bisa berkunjung ke tempat ini. Selain dekat dengan laut, di sini juga kita bisa belajar tentang sejarah gugurnya Teuku Umar,” kata Tata (30), seorang pengunjung asal Tapak Tuan kepada wartawan Basajan.net, Jumat 10 Mei 2019.

Di bagian dinding yang melingkari tugu, pengunjung bisa membaca uraian singkat sejarah perlawan Teuku Umar terhadap Belanda. Ditulis dengan tinta emas berlatar hitam.

Cut Nina, wisatawan lokal asal Meulaboh menuturkan, tempat wisata Tugu Kupiah Meukeutop, sangat cocok untuk dikunjungi. Terlebih untuk mengisi waktu selama bulan puasa.

“Saya hampir setiap hari ke tempat ini, karena untuk memahami tulisan sejarah ini tidak cukup kalau sekali datang,” ujarnya.

 

WARTAWAN: SITI AISYAH

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan