Subuh Education, Cara UTU Bina Karakter Mahasiswa

Subuh Education, Cara UTU Bina Karakter Mahasiswa

BASAJAN.Net, Meulaboh- Ramadan 1440 Hijriah/2019 Masehi, menjadi momen bersejarah bagi Universitas Teuku Umar (UTU). Untuk pertama kalinya, kampus tersebut mengadakan subuh education, di pelataran kampus setempat di Alue Peunyareng, Jumat 10 Mei 2019.

Kegiatan yang diprakarsai pengurus Program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (P3AI) di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Teuku Umar tersebut, dihadiri 1400 mahasiswa.

“Subuh education merupakan satu kegiatan yang bersifat membina karakter mahasiswa yang berbasis akhlakul karimah dan cinta Al Quran,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTU, Mursyidin.

Mursyidin menerangkan, kegiatan bertemakan Al Quran dan Akhlak tersebut sebagai bentuk evaluasi akhir dari proses pembelajaran P3AI Universitas Teuku Umar.

“Sekaligus untuk memberikan sertifikat kepada mahasiswa angkatan 2018 yang lulus pada ujian akhir P3AI,” lanjutnya.

Selain mahasiswa, kegiatan ini juga dihadiri Rektor UTU, Jasman J Ma’ruf beserta unsur pimpinan lainnya, dosen dan staf.

Dalam sambutannya, Jasman J Ma’ruf menyampaikan, dirinya merasa bangga dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Terlebih dengan melihat antusiasme peserta untuk melaksanakan shalat subuh berjemaah.

Selain itu, kegiatan tersebut juga pertama kali dilakukan sejak kampus berdiri. “Sangat baik untuk diteruskan pada semester-semester yang akan datang,” ungkapnya.

Pelaksana kegiatan, Sulaiman Ali mengatakan,  program P3AI telah dilaksanakan selama satu semester genap pada tahun akademik 2018-2019. Program ini sangat berkaitan dengan mata kuliah pendidikan agama, dimana hasil nilai P3AI akan memperkuat untuk penilai yang diberikan oleh dosen agama kepada mahasiswa yang bersangkutan.

Subuh education Universitas Teuku Umar turut diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Kamil Safruddin. Dalam ceramahnya, Kamil mengajak seluruh jamaah untuk senantiasa menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan