Pelajari Budaya Islam di Aceh, Mahasiswa UniSZA Kunjungi UTU

Pelajari Budaya Islam di Aceh, Mahasiswa UniSZA Kunjungi UTU

BASAJAN.Net, Meulaboh- Untuk mempelajari budaya Islam di Aceh, sejumlah mahasiswa Sains Sosial Gunaan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Terengganu Malaysia melakukan kunjungan ke Universitas Teuku Umar (UTU), Selasa 28 Mei 2019.

Dekan Fakukti Sains Sosial Gunaan (FSSG) UniSZA, Wan Abdul Wan Aziz mengatakan, tujuan kunjungan tersebut untuk mengenalkan mahasiswanya terhadap budaya Aceh yang berkaitan erat dengan Islam.

“Malaysia dan Aceh tidak jauh berbeda dalam pelaksanaan Syariat Islam,” ujar Wan Abdul Wan Aziz.

Wan Abdul Wan Aziz menyampaikan, merasa sangat terhormat dengan sambutan masyarakat Aceh, khususnya UTU. Kuliah kunjungan tersebut merupakan program tahunan UniSZA. Untuk tahun ini dilaksanakan di Aceh.

“Mahasiswa UniSZA dapat belajar langsung bagaimana cara hidup orang Aceh di bulan ramadan,” lanjutnya.

Ia juga memuji masakan dan kuliner Aceh yang sudah terkenal di Malaysia sangat enak, terutama ayam tangkap dan kari kambing.

Dalam kuliah kunjungan 20 mahasiswa FSSG UniSZA tersebut, juga turut dihadiri mantan Naib Canselor UniSZA, Prof. Datuk Dr. Yahaya Ibrahim.

“Aceh adalah kampung kedua saya. Saya sudah diberi warga kehormatan di Aceh sebagai Teuku Chik Lila Perkasa oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, dengan demikian hampir setiap tahun saya tetap pulang kampung di Aceh,” ungkap Yahaya Ibrahim.

Yahaya Ibrahim menyampaikan, pihaknya juga sangat mengharapkan kedatangan Mahasiswa UTU ke Malaysia dalam program yang sama, sehingga hubungan dan kerjasama dua perguruan tinggi terus terjalin yang baik.

Sementara itu, Rektor UTU yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Mursyidin mengatakan, kuliah kunjungan Mahasiswa UniSZA merupakan bagian dari kegiatan kemahasiswaan di tingkat internasional. Sekaligus sebagai wujud keseriusan pihak kampus dalam menjalin hubungan kerjasama mahasiswa di tingkat internasional.

“Apalagi UniSZA dengan UTU sudah lama menjalin hubungan kerjasama, dan kegiatan pada hari ini adalah bagian dari implementasi  isi kerjasama yang sudah ditandatangani lima tahun silam,” kata Mursyidin.

Di akhir kegiatan, rombongan FSSG UniSZA juga dijamu buka puasa bersama Wakil Rektor I UTU, Alfizal, Kepala Biro Akademik, Kabag dan staf kemahasiswaan.[]

 

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan