Nikmatnya Kelapa Muda Bakar Khas Aceh Barat

Nikmatnya Kelapa Muda Bakar Khas Aceh Barat
Penjual kelapa muda bakar di Aceh Barat. Foto: BASAJAN.NET/ SITI AISYAH

BASAJAN.Net, Meulaboh- Anda tentu sudah sering menikmati kelapa muda bukan? Bagaimana dengan kelapa muda bakar, pernahkah anda mencobanya? Jika belum, anda wajib mencobanya. Terlebih di bulan puasa seperti ini.

Selain bulan ibadah, ramadan juga dikenal dengan bulan penuh berkah. Terutama bagi pedagang yang menjajakan berbagai jenis menu buka puasa. Bahkan ada menu tertentu yang jarang dijajakan pada bulan lain, dengan mudah dijumpai pada saat ramadan.

Berbicara tentang jajanan menu berbuka puasa, tiap daerah memiliki keunikan tersendiri. Seperti halnya kelapa muda bakar. Menu berbuka puasa khas Kabupaten Aceh Barat ini, menjadi favorit masyarakat tiap ramadan tiba.

Minuman unik yang menjadi ciri khas daerah tersebut hanya ada selama bulan Ramadan. Selain rasanya yang khas dan nikmat, warga percaya kelapa bakar memiliki beragam khasiat yang berguna untuk kesehatan. Dan sangat tepat disajikan di bulan puasa.

“Saya baru mencoba selama di Meulaboh. Sebelumnya saya tidak pernah tau ada kelapa muda dibakar,” ujar Aulia salah seorang pembeli, Kamis 9 Mei 2019.

Laki-laki yang berasal dari Banda Aceh ini mengatakan, awalnya ia tau tentang kelapa muda bakar ini dari salah satu akun instagram temannya. Karena penasaran, ia pun ingin mencobanya.

Dion (36), pembeli lainnya mengatakan, kalapa muda bakar ini sudah menjadi menu wajib setiap ramadan. Rasanya yang khas dan berbeda dari jenis minuman lain, jadi alasannya.

“Memang rutin setiap tahun selalu buka puasa dengan minuman ini (kelap muda bakar-red),” ujarnya.

Proses pengolahannya, kelapa muda ditimbun dalam tumpukan kayu, lalu dibakar hingga kulitnya hangus. Setelah dibakar, kemudian dikupas satu per satu hingga menyisakan tempurung. Biasanya pembakaran dilakukan diwaktu pagi.

“Pembakaran kelapa ini membutuhkan waktu sekitar satu jam lamanya, baru dilanjutkan dengan proses pengupasan,” ujar Umi Kalsum (20), warga Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat.

Kelapa muda bakar ini lumrah ditemukan di kawasan Meureubo, tepatnya di lintasan jalan Meulaboh-Tapak Tuan. Harga jual kelapa muda bakar ini pun sangat terjangkau, berkisar Rp7.000 hingga Rp10.000 per buah.

“Alhamdulillah, dalam satu hari bisa terjual 80 sampai 100 buah,” kata Umi.[]

 

WARTAWAN: SITI AISYAH

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan