44 Buku di Milad 43 Sulaiman Tripa

44 Buku di Milad 43 Sulaiman Tripa
Sulaiman Tripa bersama 44 bukunya saat temu pers Bandar Publishing peluncuran Khanduri 44 Buku Sulaiman Tripa di Banda Aceh. Foto: Mukhlisuddin

BASAJAN.Net, Banda Aceh- Dosen Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Sulaiman Tripa akan meluncurkan 44 buku dengan berbagai judul. Peluncuran buku yang diterbitkan Bandar Publishing Banda Aceh tersebut bertepatan dengan milad 43 tahun penulis.

“Penerbitan semua buku tersebut, telah dipersiapkan sejak sembilan bulan yang lalu,” ungkap Direktur Bandar Publishing, Mukhlisuddin Ilyas, di Banda Aceh, Senin 1 April 2019, saat temu pers khanduri 44 buku Sulaiman Tripa, di Cafe A&R, Banda Aceh.

Menurut Mukhlisuddin, Sulaiman Tripa merupakan salah seorang penulis produktif di Aceh yang mulai serius menulis pada tahun 2001. Buku pertamanya berjudul Kekerasan Itu Tak Damai Sekalipun Hanya Sekali.

“Saat masih mahasiswa dan orang belum banyak mengenal buku, ia sudah menulis buku,” kata Mukhlisuddin.

Mukhlisuddin menceritakan, penerbitan 44 buku Sulaiman Tripa tersebut berawal dari permintaannya kepada penulis untuk menyiapkan 43 naskah setahun lalu untuk diterbitkan.

“Sekitar dua bulan setelah miladnya yang ke-42. Waktu itu, ia minta waktu, mungkin menginventarisir jumlahnya,” jelas Mukhlis.

Lebih lanjut, Mukhlisuddin menyebutkan, bahwa kualitas buku akan ditentukan oleh publik. “Kami memiliki pertimbangan tersendiri untuk menerbitkan satu buku, namun publik akan menentukan setiap buku yang kami terbitkan,” jelasnya.

Ia berharap akan muncul banyak penulis di Aceh. “Aceh butuh lebih banyak penulis, Aceh megah masa lalu antara lain ditentukan banyak penulis yang menghasilkan karya,” papar Mukhlisuddin.

Selain 44 buku tersebut, Sulaiman Tripa sudah menulis 33 buku sebelumnya, serta 37 buku bersama. Selebihnya ada 29 buku sebagai editor, dan 4 buku pendampingan.

“Masih ada juga buku antologi, sekitar 37,” terang Sulaiman Tripa.

Selain menulis, Sulaiman Tripa juga me jadi menyunting sekitar 29 buku dan mendampingi proses penulisan empat buku penulis pemula.

“Saya mendapatkan banyak pengalaman ketika mendampingi empat buku itu. Ada dua buku ditulis santri, satu buku anak sekolah menengah, dan satu lagi sekolah terpadu,” ujarnya.

Menurut Sulaiman, semua penulis menghadapi persoalan yang sama, yaitu tahu apa yang mau ditulis, tapi sulit mengeluarkan.

Peluncuran 44 buku tersebut rencananya akan dilakukan Rektor Universitas Syiah Kuala Samsul Riza, pada Selasa 2 April 2019, siang. Buku-buku tersebut diantaranya berjudul: Senjakala Kemanusiaan, Cuak, Geureuda, Mbong, Matinya Akal Sehat, Diskursus Metode dalam Penelitian Hukum dan Rekonseptualisasi Hukum Indonesia.[]

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan