KIP Aceh Barat Beri Pendidikan Politik Bagi Mahasiswa STAIN

KIP Aceh Barat Beri Pendidikan Politik Bagi Mahasiswa STAIN
Sosialisasi Pemilu bagi pemilih pemula di aula STAIN Meulaboh, Rabu 20 Februari 2019. (BASAJAN.Net/SITI AISYAH)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat memberikan pendidikan politik bagi seratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Rabu 20 Februari 2019.

“Biar mereka cerdas dan tidak mudah tergiur dengan janji-janji politik yang disampaikan peserta Pemilu,” ujar Andi Sayumitra, Kasubag Teknis KIP Aceh Barat, pada Pagelaran Budaya Pemilu dan Dialog Interaktif Memilih Itu Juara Gerakan Cerdas Memilih di aula STAIN Meulaboh.

Kegiatan yang diadakan LPP RRI Meulaboh, bekerjasama KIP Aceh Barat dan STAIN Meulaboh dengan tema “Suara Anda Menentukan Harapan Bangsa” bertujuan untuk memberikan pendidikan politik bagi pemilih pemula, khususnya pemilih mahasiswa.

Andi menjelaskan, ajang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 menjadi pesta demokrasi perdana yang digelar secara serentak, antara pemilihan anggota legislatif dan presiden. Pemilih pemula menjadi sasaran empuk untuk meraup suara terbanyak pemenangan masing-masing calon.

Fenomena kantung suara ini, menginisiasi KIP Kabupaten Aceh Barat untuk gencar membagikan tips kepemiluan, bagi pemilih pemula yang mayoritas  kalangan mahasiswa.

Ia menyarankan, alangkah baiknya setiap pemilih harus melakukan cek dan ricek tentang sosok yang pantas serta layak untuk diberikan dukungan.

“Konsultasi tentang sosok calon, itu perlu. Agar kita tak salah memberikan dukungan,” ucap Andi.

Selain melakukan cek terhadap calon peserta Pemilu, Andi juga menganjurkan, para pemilih juga dapat mencoblos partai pengusung yang dinilai mampu membawa perubahan dan kebaikan.

“Jangan percaya mentah-mentah yang disampaikan dan jangan terima kalau disogok, agar kita dapat memilih pemimpin yang baik dan amanah,” pesannya.

Menurut Andi, dalam peraturan Pemilu, money politik atau politik uang sangat dilarang, karena bagian delik pelanggaran berat dalam regulasi Pemilu yang berujung pada tindak pidana.

“Jangan pernah terima atau terlibat dalam praktik sogokan suara yang anda berikan,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Erizar menyambut baik kegiatan tersebut. Sudah sewajarnya mahasiswa harus cerdas dalam menentukan pilihan pada Pemilu nanti.

Erizar menyebut, penting untuk memilih calon pemimpin dengan sosok yang religius. Hal tersebut dinilai lebih menjamin untuk mencapai Indonesia yang sejahtera, dengan pemimpin bijaksana dan amanah.

Selain mahasiswa, kegiatan tersebut juga dihadiri para dosen dan dimeriahkan dengan berbagai penampilan seni dan musik.[]

 

 

KONTRIBUTOR: SITI AISYAH

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan